Jelang Jadwal El Clasico Liga Spanyol Barcelona vs Real Madrid: Rekor, ‘Bahaya’ Camp Nou, Pasillo, Iniesta, Rivalitas Messi Dan Ronaldo

Barcelona siap menjamu Real Madrid dalam laga El Clasico ke-176 sepanjang sejarah Liga Spanyol yang berlangsung di pekan ke-36 La Liga musim ini pada Senin 7 Mei 2018 dini hari WIB di Camp Nou, Barcelona.

Dalam sejarahnya, ini adalah El Clasico ke-237 antara Barca vs Madrid dalam laga yang bersifat kompetitif di lintas kompetisi atau ke-176 kali khusus di Liga Spanyol.

Secara catatan rekor, Real Madrid lebih unggul dengan 95 kali menang, 49 kali bermain imbang, dan 92 kali kalah dari Barcelona dalam 236 El Clasico sebelumnya, atau 72 kali menang, 33 kali imbang, dan 70 kali dikalahkan Blaugrana dalam El Clasico versi La Liga.

Menariknya, Barcelona justru terbilang kurang beruntung saat menjamu Madrid di Camp Nou yakni hanya tiga kali berhasil menang diantara 11 kesempatan menjamu Los Blancos di lintas kompetisi, dengan kemenangan terakhir di bulan Maret 2015 di kompetisi liga lewat skor 2-1.

Sebaliknya, ketangguhan Madrid di Camp Nou malah tidak terlihat saat bermain bersama Barca di Santiago Bernabeu, yakni hanya dua kali menang dari 10 pertemuan head to head terakhir, kebobolan total 28 gol dalam prosesnya.

Sering Dilihat:  Resmi Gabung Barcelona, Philippe Coutinho Jadi Pemain Termahal Kedua Di Dunia

Gunjang Ganjing ‘Pasillo’

Barcelona berhasil memastikan diri merebut trofi Liga Spanyol musim ini lewat kemenangan 4-2 atas Deportivo La Coruna akhir pekan lalu. Namun pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane memastikan tidak akan melakukan pasillo (guard of honour atau penghormatan juara) saat bertandang ke Camp Nou akhir pekan ini.

“Kami tidak akan melakukannya, habis perkara,” tegas Zidane, sedangkan pelatih Barcelona Ernesto Valverde pun merasa cukup pusing dengan pertanyaan mengenai pasillo, “Anda membuat saya ‘gila’ dengan hal-hal seputar pasillo ini,” kata Valverde.

Rivalitas Messi vs Ronaldo Di El Clasico

Lionel Messi nyaris dapat dipastikan menjadi top skorer di Liga Spanyol musim ini dengan koleksi 32 gol, yang akan membuatnya merebut Pichichi kelima sepanjang karirnya.

Sedangkan Cristiano Ronaldo baru berhasil mencetak 24 gol, 16 diantaranya dicetak dalam delapan laga terakhir setelah mengawali musim ini secara lambat dan sempat diistirahatkan dalam empat diantara lima laga tandang terakhir.

Khusus di El Clasico, tidak dapat dipungkiri dominasi Messi dengan mencetak 25 gol dalam 37 penampilannya kontra Madrid. Sedangkan Ronaldo baru mencetak 17 gol dalam 29 kali aksinya melawan Barcelona, lima gol terakhir dicetaknya di Camp Nou.

Sering Dilihat:  Jelang Timnas Indonesia vs Guyana, Rezaldi Hehanusa Sehat?

El Clasico Final Untuk Andres Iniesta

El Clasico akhir pekan ini akan terasa spesial bagi Andres Iniesta. Keputusannya untuk meninggalkan Barcelona akhir musim ini membuat gelandang handal asal Spanyol tersebut akan melakoni laga El Clasico terakhir melawan Real Madrid.

“Dia benar-benar menggerakan saya. Menyaksikannya membuat saya merinding. Dia salah satu yang pertama-tama menyambut saya dengan tangan terbuka saat saya tiba dan saya duduk di sebelahnya.

“Saya harap dia menikmati banyak momen luar biasa lainnya, apa yang telah dilakukannya sebagai seorang pemain dan yang diberikannya kepada klub sangat mengagumkan,” pujian Luis Suarez untuk Iniesta, seperti dilansir dari Marca.

Jadwal Siaran Langsung El Clasico Liga Spanyol Ke-176

Untuk menyaksikan duel sengit Barcelona vs Real Madrid dalam El Clasico di pekan ke-36 Liga Spanyol musim ini, pencinta sepak bola dapat menonton melalui siaran langsung SCTV atau lewat live streaming Bein Sports 2 mulai pukul 01:45 WIB Senin dini hari.

Live streaming El Clasico nonton disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.