Jadwal MotoGP Valencia 2017: Balap Final Juara Dunia, Antara Marquez vs Dovizioso

Marquez vs Dovizioso
Penentuan gelar juara dunia MotoGP 2017 antara Marquez vs Dovizioso

NontonBolaJo.com – MotoGP Valencia 2017, Penentuan peraih gelar Juara Dunia MotoGP 2017 antara Marc Marquez vs Andrea Dovizioso akan diketahui usai digelarnya rangkaian seri terakhir di sirkuit Valencia Spanyol mulai hari Jumat hingga Minggu, 10-12 November 2017.

Tidak dapat dipungkiri, seri terakhir MotoGP musim ini akan didominasi pertarungan sengit antara dua pembalap teratas di klasemen, Marquez dan Dovizioso, dalam rangka perebutan gelar World Champions. Meskipun peluang Dovi untuk mengejar ketinggalan 21 poin dari Marquez dinilai sangat kecil, namun Valentino Rossi memastikan hanya ada satu cara bagi pembalap Ducati tersebut menghadapi GP krusial akhir pekan ini.

“Dovizioso hanya mempunyai satu cara yang dapat dilakukannya: mencoba memenangkan balapan. Namun Marc, dia dapat mengendalikan situasi,” tutur Rossi dalam acara jumpa pers jelang balap, Kamis (9/11/2017), seperti dilansir dari situs MotoGP.

“Namun anda harus menunggu dan menyimak, menunggu di hari Minggu dan mengerti level anda,” tambahnya.

Secara matematis, peluang Dovizioso untuk dapat meraih gelar Juara Dunia tidak bisa hanya dengan menang di Valencia. Selain menang, pembalap asal Italia tersebut baru akan meraih gelar jika Marquez gagal mengakhiri balap final lebih baik dari posisi ke-12.

Meski demikian, ‘DesmoDovi’ mengakui bahwa dirinya merasa bangga dengan pencapaian yang telah diraihnya di musim ini. “Saya bahkan tidak percaya berada di situasi ini. Dan tidak ada orang yang menyaksikan balapan akan mengiranya.

“Itulah mengapa saya sangat gembira dan bangga terhadap apa yang kami capai di Kejuaraan. Dari Mugello kami menjadi sangat kompetitif. Terkadang naik dan turun namun kami mampu tiba di putaran terakhir berjuang untuk kejuaraan.

“Kami akan melihatnya… 21 poin adalah sangat banyak dan sangat sulit, namun masih terbuka. Kami harus fokus. Kami harus memenangkan balapan, yang akan sulit, namun kami memiliki kecepatan yang bagus sekarang. Lihat saja apa yang dapat kami lakukan di balapan ini,” tutur Dovi.

Senada dengan Rossi, Dovizioso pun mengungkapkan hanya memiliki satu strategi untuk menghadapi seri terakhir MotoGP 2017, yakni mencoba untuk menang.

“Kami memiliki satu strategi: mencoba untuk menang. Saya tidak merasa terlalu banyak tekanan karena saya tahu apa yang telah kami lakukan musim ini dan saya sangat gembira dengan hasilnya hingga saat ini.”

Sama dengan Dovizioso, Marquez pun berniat untuk menikmati balap final terakhir di musim ini. “Yang terpenting adalah untuk mengakhiri balapan. Ini bukan pertama kali saya berjuang untuk Kejuaraan di sini dan ini sulit namun saya akan mencoba mengatasinya sebaik mungkin.

“Saya akan memacu seperti biasa sepanjang akhir pekan, kemudian setelah Warm Up kita simak lagi. Saya akan keluar, mencoba menemukan rasa dengan motor dan mencoba menikmati balapan,” tandasnya.

Dalam delapan aksinya di sirkuit Valencia Spanyol, pencapaian tertinggi Dovizioso adalah saat menjadi juara ketiga di tahun 2011. Sebaliknya dalam tiga penampilannya di sirkuit yang sama di kelas MotoGP, Marquez tidak pernah gagal naik podium yakni satu kali sebagai juara pertama, dua kali runner up, dan satu kali di urutan ketiga.

Penentuan gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di sirkuit Valencia akan diketahui usai balap final di hari Minggu (12/11/2017) yang dimulai pukul 20:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here