Jadwal Drawing 16 Besar Liga Champions: Siapa Calon Lawan Manchester United Dan Barcelona?

Jadwal UCL, Hasil Skor, Poin Klasemen, Live Streaming Liga Champions 2017/18

NontonBolaJo.com – Jadwal Drawing 16 Besar Liga Champions 2017 langsung menjadi sorotan setelah laga pamungkas fase grup UCL usai digelar hari Kamis 7 Desember 2017 dini hari WIB. Lima klub Premier League seluruhnya berhasil lolos ke fase gugur, termasuk duo klub sekota, Manchester United dan Manchester City, yang akan saling berhadapan dalam Derby Manchester akhir pekan ini.

Liverpool menjadi klub asal Inggris terakhir yang memastikan diri lolos ke fase gugur Liga Champions musim ini melalui matchday 6 hari Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Kemenangan telak atas Spartak Moskow lewat skor 7-0 membuat The Reds kokoh di puncak klasemen dan keluar sebagai juara Grup E.

Dengan demikian, empat dari lima klub Liga Inggris berhasil lolos dengan status juara grup yakni MU, Man City, Tottenham Hotspur, serta Liverpool. Sedangkan Chelsea, yang ditahan imbang oleh Atletico Madrid dengan skor 1-1 di matchday 6, tersingkir ke posisi runner up setelah AS Roma berhasil menang tipis 1-0 atas Qarabag.

Sedangkan dari La Liga Spanyol, hanya Atletico Madrid yang musim ini gagal melaju ke babak selanjutnya dan harus mencicipi Liga Europa. Sementara Barcelona keluar sebagai juara grup, sedangkan Real Madrid dan Sevilla terkualifikasi dengan status runner up.

Berlanjut ke Liga Italia Serie A, ada dua wakil dari Italia yang lolos ke babak 16 besar yakni AS Roma yang menjadi juara Grup C dan Juventus sebagai runner up Grup D. Hanya Napoli yang gagal melaju ke fase gugur UCL musim ini.

Enam klub lainnya yang juga berhasil melangkah ke putaran 16 besar terdiri atas Paris Saint-Germain (Prancis), Besiktas (Turki), Basel (Swiss), Bayern Munchen (Jerman), Shakhtar Donetsk (Ukraina) dan Porto (Portugal).

Jadwal penarikan undian drawing 16 besar Liga Champions 2017/2018

Selanjutnya, dalam jadwal penarikan undian atau drawing Liga Champions babak 16 besar 2017/2018, delapan klub yang lolos sebagai juara grup akan menempati pot pertama dan akan menghadapi salah satu klub yang berada di pot kedua, yakni klub yang mengakhiri fase grup sebagai runner up. Salah satu syarat adalah tidak boleh ada pertemuan antara dua klub yang berada dalam satu asosiasi.

Sebagai contoh, MU tidak mungkin bertemu dengan Chelsea di putaran 16 besar Liga Champions mengingat kedua klub sama-sama berasal dari Liga Premier Inggris. Demikian pula laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid tidak akan terjadi di babak 16 besar UCL.

Namun pertemuan antara MU vs Real Madrid yang akan menjadi ibarat ‘deja vu’ dari perebutan UEFA Super Cup 2017 berpeluang dapat terjadi di babak 16 besar. Selain itu juga kemungkinan bertemunya PSG vs Real Madrid atau Manchester City vs Real Madrid.

Berikut daftar calon lawan delapan klub yang berhasil menjadi juara grup Champions League musim ini seperti dilansir dari situs UEFA (7/12/2017):

Manchester United
Calon lawan: Bayern, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, Real Madrid

Paris Saint-Germain
Calon lawan: Basel, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto, Real Madrid

AS Roma
Calon lawan: Basel, Bayern, Sevilla, Shakhtar, Porto, Real Madrid

Barcelona
Calon lawan: Basel, Bayern, Chelsea, Shakhtar, Porto

Liverpool
Calon lawan: Basel, Bayern, Juventus, Shakhtar, Porto, Real Madrid

Manchester City
Calon lawan: Basel, Bayern, Juventus, Sevilla, Porto, Real Madrid

Besiktas
Calon lawan: Basel, Bayern, Chelsea, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Real Madrid

Tottenham Hotspur
Calon lawan: Basel, Bayern, Juventus, Sevilla, Shakhtar, Porto.

Jadwal drawing UCL 2017 babak 16 besar akan digelar hari Senin, 11 Desember 2017, mulai pukul 12:00 CET (pukul 18:00 WIB) di kantor pusat UEFA di Nyon. Sedangkan babak 16 besar Liga Champions leg pertama rencananya digelar antara tanggal 13-14 dan 20-21 Februari 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here