Insiden MotoGP Valencia 2017: Nyaris Crash Marc Marquez Juara Dunia, Dovizioso Gagal Finish

Marc Marquez selebrasi Juara Dunia MotoGP 2017
Marc Marquez selebrasi Juara Dunia MotoGP 2017 usai balapan di sirkuit Valencia Spanyol, Minggu 12/11/2017 (motogp.com)

NontonBolaJo.com – Marc Marquez memastikan diri sebagai Juara Dunia MotoGP 2017 setelah mengakhiri final race GP Valencia di urutan ketiga sementara Andrea Dovizioso gagal finish pada hari Minggu 12 November 2017.

Persaingan antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso untuk perebutan gelar Juara Dunia berakhir pada empat lap terakhir setelah insiden ‘besar’ dialami oleh kedua pembalap tersebut yang menyebabkan keduanya nyaris mengalami crash.

Marquez melesat terdepan sejak awal final race, namun posisinya sempat ‘tercuri’ Johann Zarco yang kemudian memimpin di sebagian besar jalannya final race di sirkuit Sepang. Selanjutnya, Juara Dunia MotoGP 2016 tersebut nampak berhati-hati dan terus menempel Zarco dari urutan kedua.

Sementara itu, Andrea Dovizioso tertahan di urutan kelima, satu tingkat di bawah rekan satu timnya sesama pembalap Ducati, Jorge Lorenzo. Posisi tersebut membuat tim Ducati berkomunikasi dengan Lorenzo dengan pesan ‘Suggest Mapping: Mapping 8’ seperti yang dilakukan di sirkuit Sepang, yakni untuk memberikan jalan bagi Dovizioso agar dapat melewatinya.

Namun hingga enam kali perintah tersebut diberikan, ditambah dengan perintah langsung dari tim Ducati melalui pitboard, posisi tetap belum berubah. Lorenzo tetap di posisi keempat alias di depan Dovizioso.

Insiden besar yang membuat peta pertarungan berubah drastis terjadi jelang tujuh lap terakhir di balap final. Diawali dengan usaha Marquez mengambil alih posisi pertama dari Zarco yang malah menyebabkannya melebar di tikungan pertama, bahkan nyaris crash andaikan tidak berhasil melakukan penyelamatan sempurna dengan menggunakan sikunya.

Marquez berhasil meneruskan balap, namun posisinya merosot ke urutan lima. Namun ‘drama’ tidak berhenti sampai di sini saja. Lorenzo tiba-tiba crash di tikungan lima jelang enam lap terakhir dan gagal finish.

Sesaat setelah Lorenzo crash, Andrea Dovizioso pun mengalami crash setelah lebih dahulu melebar ke gravel. Meskipun sempat sebentar meneruskan balap dari urutan ke-19, akhirnya pembalap Ducati tersebut memutuskan untuk kembali ke pit dan tidak mengikuti balap hingga akhir.

Setelah berbagai insiden tersebut, Dani Pedrosa mengambil peluang untuk mengejar Zarco dan mencuri posisi pertama tepat di lap terakhir di GP Valencia.

“Saya tidak merasa sangat nyaman dengan bagian depan (kekurangan grip). Johann sangat kuat. Saya mencoba, luar biasa untuk mengakhiri musim ini dengan penuh gaya, saya sangat bangga,” ujar Pedrosa dengan gembira setelah berhasil menjadi juara MotoGP Valencia 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here