Ini Beda Mourinho Dan Zidane Di Mata Pemain Real Madrid

NontonBolaJo.com – Jose Mourinho akan kembali bertemu dengan mantan skuad asuhannya dalam pertandingan antara Real Madrid vs Manchester United di Piala Super Eropa UEFA 2017. Jelang pertandingan, beberapa pemain yang mencicipi kepemimpinan The Special One di Santiago Bernabeu sempat memaparkan perbedaan antara Mourinho dan Zinedine Zidane yang kini menjadi pelatih Madrid.

“Saya bermain di bawah Mourinho dan dia luar biasa. Dia menunjukkan pada kami bahwa kami harus berjuang. Bersama Zidane juga sama, namun perbedaannya adalah sejumlah trofi dan inspirasinya,” tutur pemain bek asal Brasil, Marcelo, kepada media saat jumpa pers jelang laga antara Madrid vs MU (7/8/2017).

Berbeda dengan Marcelo, kapten Real Madrid, Sergio Ramos, lebih menyoroti kemampuan kedua pelatih untuk mengerti nuansa yang terjadi di ruang ganti. Menurutnya, Mourinho tidak pernah bisa benar-benar memahami nuansa yang terjadi di ruang ganti Real Madrid selama tiga tahun kepemimpinannya. Hal ini berbeda saat Zidane hadir memimpin The Vikings, yang dinilainya sebagai sosok yang sangat cocok untuk Madrid.

“Pandangan saya adalah ketika sebuah tim memiliki seorang pelatih baru maka itu akan mengubah sangat banyak hal. Bagaimana menangani (suasana di) ruang ganti… Zidane dengan sangat baik mengerti nuansa ruang ganti kami. Mourinho memiliki sangat banyak pengalaman. Mereka berdua pelatih yang luar biasa dan kami bersyukur dapat menjalani momen bersejarah ini bersama Zidane,” tutur Ramos.

Sering Dilihat:  Hasil Persela Lamongan vs Persib Bandung | Hasil Liga 1 Indonesia 22/10/2017

Ketika ditanya mengenai peran Mourinho dalam karirnya, dengan memindahkan posisinya ke bek tengah, Ramos hanya menjawab, “Tidak, dia hanya pelatih lainnya yang sempat bekerja sama dengan saya.”

Zinedine Zidane

Sejarah yang kurang menyenangkan memang sempat mewarnai hubungan antara pelatih MU tersebut dengan para pemain Real Madrid beberapa waktu sebelum Mourinho meninggalkan Santiago Bernabeu. Pemain-pemain Madrid selalu ‘lari’ ke kantor presiden klub setiap kali Mourinho membuat salah seorang pemain kecewa di ruang ganti. Hubungan yang kurang baik ini tentu disadari oleh Mourinho.

“Jika kami bertemu di lorong atau dekat bus, apakah ada seseorang yang akan saya tolak untuk mengatakan ‘helo’? Pastinya tidak. Saya keluar (dari Madrid) dan adalah sulit bagi yang lainnya untuk mengatakan hal-hal bagus tentang saya. Saya tidak pernah terlalu banyak bicara, atau menangis untuk apapun yang saya pikir tidak layak saya terima.

“Saya merasa lega dan merasa tidak ada lagi yang dapat saya berikan. Saya tidak pernah memberikan diri saya sebanyak itu. Saya pergi dengan pikiran tenang, saya pergi tanpa ingin mengeluarkan kain kotor. Saya hendak memulai sebuah hidup baru. Saya tidak pernah memikirkan hal ini karena perhatian utama saya adalah memberikan segalanya dimana saya bekerja.

Sering Dilihat:  Siaran Langsung TVOne - LIVE Persija vs Persib, Liga 1 Pekan 33 (3/11/ 2017)

“Saya sejujurnya katakan bahwa saya memberikan lebih banyak kepada Real Madrid, dibandingkan klub manapun yang pernah saya pimpin sebelumnya,” tegas Mourinho.

“Saya memiliki hubungan dan pertemanan bersama beberapa pemain yang berlanjut selama bertahun-tahun, tidak hanya di Real Madrid. Masalah saya dalam sepak bola tidak pernah di luar dunia sepak bola. Saya pastinya tidak bermasalah dengan siapapun karena saya tidak lagi bekerja bersama mereka. Jika anda menanyakan tentang pemain-pemain di Chelsea, Inter, dan Porto, ada beberapa yang tetap menjaga hubungan dengan saya dan lainnya tidak,” pungkasnya.

Yang jelas, pada Rabu dini hari (9/8/2017), akan berlangsung pertandingan antara Real Madrid vs Manchester United di Piala Super Eropa UEFA 2017. Pertemuan antara mantan skuad asuhan Mourinho melawan skuad asuhannya saat ini tersebut akan berlangsung di Philip II Arena, Skopje.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.