Indonesia vs Vitnem, Timnas U-19 Bawa ‘Pengganti Neuer’ Ke Piala AFF U-18 2017 ?

NontonBolaJo.com – Timnas U-19 Indonesia bersiap menghadapi lawan tangguh, Vietnam, sore hari ini, Senin (11/9/2017), di Thuwunna Stadium, Yangon. Ternyata sebelum laga Indonesia vs Vietnam digelar, pihak Vietnam telah menyoroti salah satu pemain muda Indonesia yakni kiper Muhammad Riyandi, yang digadang-gadang sebagai versi ‘kecil’nya Manuel Neuer.

Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh situs Vietnam Football Federation (VFF) pada tanggal 3 September 2017 silam diungkapkan bahwa ada dua tim di Grup B yang akan menjadi penantang dalam perebutan babak semi final bersama pelatih Hoang Anh Tuan, yakni Myanmar dan Indonesia. Dan salah satu pemain yang diyakini membawa harapan besar bagi Indonesia tak lain adalah kiper Muhammad Riyandi.

“Jika Myanmar memiliki keuntungan sebagai tuan rumah turnamen, Indonesia memiliki potensi penuh. Diantaranya, kiper Muhammad Riyandi yang tampil sebagai salah satu harapan besar dalam sepak bola negara kepulauan tersebut,” tulis VFF melalui situsnya.

Sering Dilihat:  Hasil Liga Champions Kamis (2/11/2017): Manchester City Dan Tottenham Lolos Ke 16 Besar

Aksi Riyandi menyelamatkan gawang Indonesia dari rentetan serangan tim tuan rumah, Myanmar, dalam laga perdana di Piala AFF U-18 dinilai menampilkan konsep yang mirip dengan kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer. Tidak hanya kecepatan refleks tangan, namun juga memiliki kaki yang terlatih serta mampu keluar dari area penalti untuk menghadang bola dan mengorganisir pertahanan.

“Muhammad Riyandi dari Indonesia U18 juga dalam jalur untuk menjadi seorang kiper. Dia sangat dihargai oleh pemain profesional di Indonesia terkait keahliannya mengendalikan bola juga mengorganisir dan mengkoordinasikan bola dengan kaki terampilnya,” tuturnya.

“Awalnya saya tidak begitu bisa main dari kaki ke kaki. Filosofi Indra Sjafri ingin membangun serangan mulai dari kiper. Jadi kiper harus berani menguasai bola. Dari situ saya mulai belajar dari hari pertama sampai sekarang,” tutur Riyandi, seperti dilansir dari Kompas (8/9/2017).

Sering Dilihat:  Live Streaming Barito Putera vs Sriwijaya FC Liga 1 8/6/2018: Kunjungan Di Tengah Krisis?

Riyandi pun mengaku bahwa dirinya kerap mempelajari gaya penampilan kiper idolanya, Manuel Neuer. “Yang pertama, saya ingin mencontoh kiper-kiper Eropa yang bermain lebih modern. Mereka berani bermain dari kaki ke kaki. Kalau Neuer, memang idola saya,” imbuhnya.

Untuk menghadapi Vietnam, Riyandi menegaskan bahwa dirinya berusaha untuk tetap tenang sambil berdiskusi dengan kiper Jarot Supriadi sehubungan cara mengantisipasi serangan Vietnam yang dinilai unggul dalam umpan silang.

“Dibawa rileks ajah. Mereka jago dalam umpan silang. Itu yang harus saya antisipasi,” tegasnya.

Menurut jadwal, pertandingan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF U-18 2017 akan digelar sore hari ini, Senin (11/9/2017), kick-off pukul 15:30 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.