Hasil Valencia vs Barcelona Imbang 1-1 Lewat ‘Drama’ Kontroversial, Ini Kata Valverde

NontonBolaJo.com – Liga Spanyol, Hasil Valencia vs Barcelona di pekan ke 13 La Liga berakhir skor imbang 1-1 diiringi ‘drama’ kontroversial seputar gol Lionel Messi di menit ke-30 yang tidak disahkan oleh wasit.

Bertanding di Estadio de Mestalla pada Senin 27 November 2017 dini hari, Barcelona hampir mengalami kekalahan untuk pertama kalinya dalam 18 pertandingan terakhir lintas kompetisi andaikan Jordi Alba tidak mencetak gol penyeimbang jelang akhir babak kedua. Sebaliknya, Barca selayaknya meraup tiga poin penuh jika saja wasit Ignacio Iglesias mensahkan gol pembuka yang dicetak Messi di menit ke-30.

Striker bintang asal Argentina melakukan tembakan jarak jauh tertarget langsung ke arah gawang sekitar menit 30 di babak pertama. Bola tidak berhasil dihalau sempurna oleh kiper Neto dan memantul melesat ke dalam gawang, melewati garis pembatas, sebelum kemudian ditepis keluar oleh Neto. Namun tanpa kehadiran teknologi VAR alias tayang ulang lewat TV, wasit memutuskan tidak mensahkan gol tersebut.

Bahkan akhirnya di menit ke-60 Valencia membuka gol perdana melalui Rodrigo dengan memanfaatkan umpan dari Jose Gaya. Keunggulan Los Che nyaris bertahan hingga akhir pertandingan, namun Jordi Alba berhasil mementahkannya lewat gol penyeimbang di menit ke-82 hasil kerjasama dengan Lionel Messi.

Sering Dilihat:  Persib Jadi Klub Terpopuler di Asia, Djanur Bangga

“Kami akan lebih suka mendapatkan tiga poin, namun kami gembira dengan cara kami bermain. Gol mereka sedikit memukul kami, namin kami menampilkan keberanian di sepanjang pertandingan. Kami mampu mencetak penyeimbang dan terus menekan di babak kedua. Ini adalah sebuah pertandingan dengan sangat banyak tekanan, ini satu poin yang bagus,” tutur pelatih Barcelona Ernesto Valverde pasca pertandingan, Senin (27/11/2017), seperti dilansir dari ESPN.

“Kami semua setuju bahwa dalam situasi jelas seperti ini, ketika jelas bahwa bola melaju melewati garis, itu (VAR dibutuhkan oleh wasit). Kami tidak membicarakan tentang melakukan penilaian ulang (re-refereeing) di pertandingan, namun kami masih mendapatkan momen dimana bola melaju melewati garis dan tidak terlihat dan kami dapat melihat seluruh bukti. Namun ini juga menguntungkan kami saat melawan Malaga, ketika bola keluar dari lapangan sebelum sebuah gol yang kami cetak.

“Gol Messi jelas dan kemudian kami tertinggal. Hal penting bahwa kami tidak kehilangan fokus melawan saingan yang sangat kuat. Kedua tim benar-benar memiliki gaya mereka. Mereka ingin secara cepat menyerang balik, dalam babak pertama kami mendominasi, kami tidak banyak memberikan kesempatan. Ini sebuah pertandingan yang baik dengan momen kontroversial yang untungnya tidak menurunkan fokus kami.

Sering Dilihat:  Barcelona vs. Olympiakos: Preview, Live Streaming, Info TV Siaran Langsung

“Di babak kedua, mereka mulai terlihat lebih baik dan mendapat gol. Namun setelahnya kami berusaha maju. kami sedikit berjuang dengan ruang di belakang kami namun bisa mendapat gol penyeimbang dan keluar setelah kemenangan.

“Tidak peduli bagi kami apa kata orang (tentang cara kami bermain). Kami tahu bahwa kami ingin mendominasi pertandingan dan memimpin penguasaan bola. Ada waktu-waktu ketika anda lebih beruntung dari yang lain. Gagasan kami adalah selalu mengendalikan. Valencia adalah kandidat juara, mereka menunjukannya. Kami melihat potensi yang mereka miliki,” papar Valverde.

Ini adalah kedua kalinya dalam satu tahun kalender dimana Barca tampak dirugikan. Messi dkk juga mencetak satu gol ketika menghadapi Real Betis di akhir musim lalu, namun diabaikan meskipun bola jelas-jelas melewati garis sehingga mengawali perdebatan tentang kebutuhan teknologi garis-gawang dan VAR di Spanyol.

Bagaimanapun, hasil imbang bersama Valencia diyakini akan disambut gembira oleh Real Madrid dan Atletico Madrid setelah pekan sebelumnya bermain imbang dalam Derby Madrid. Keharusan berbagi satu poin dengan Valencia membuat situasi di klasemen kembali seperti sebelum Derby Madrid, dengan selisih 4 poin antara Barca dan Valencia, sementara Real Madrid dan Atletico Madrid lebih rendah 8 poin dari Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.