Hasil Tes Resmi MotoGP Sepang 2018 Hari Kedua: Tiga Jam Berlalu, Valentino Rossi Jadi Yang Tercepat

Hasil FP3 MotoGP Valentino Rossi
Pembalap Yamaha Movistar, Valentino saat latihan bebas di MotoGP Sepang Malaysia, 28/10/2017 (Fotografer: RossiGold and Goose / LAT Images)

NontonBolaJo.com – Hasil sementara tes resmi MotoGP Sepang 2018 di hari kedua menorehkan nama Valentino Rossi sebagai pembalap tercepat setelah sesi uji coba berlangsung sekitar 3 jam dari total 8 jam. Hingga pukul 12:55 waktu setempat, Rossi menjadi satu-satunya pembalap yang mencatatkan waktu kurang dari 2 menit dalam sesi uji coba yang berlangsung pada hari Senin 29 Januari 2018 mulai pukul 10:00 waktu setempat (09:00 WIB) di Sepang International Circuit.

Hingga tiga jam berlalu di hari kedua tes resmi MotoGP Sepang 2018, Valentino Rossi berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 59,766 detik atau selisih 0,241 detik dibandingkan pembalap tim Ducati yang juga merupakan runner up MotoGP 2017, Andrea Dovizioso. Selanjutnya, Cal Crutchlow, Pol Espargaro, dan Jack Miller menutup posisi lima pembalap tercepat.

Sementara itu, rekan satu tim Rossi di Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, ada di posisi ke-7 dengan selisih waktu 0,747 detik lebih lambat dibandingkan Rossi. Meskipun demikian, hasil sementara ini belum dapat dijadikan patokan mengingat masih tersisa 5 jam lagi sebelum tes hari kedua usai digelar.

The Doctor terlihat kompetitif sejak hari pertama sesi uji coba tahun ini dibandingkan tes pra musimnya tahun lalu. Menurut Rossi, tes hari pertama di Sepang International Circuit tersebut menampilkan hal-hal yang lebih positif dari Yamaha.

“Saya tidak ingat satu hari seperti ini tahun lalu. Saya selalu kompetitif. Saya gembira karena di November (tes pribadi di Sepang) kami melakukan pekerjaan bagus, kami memahami (berbagai hal) lebih baik setelah kebingungan di sepanjang musim. Sasis hari ini (kemarin) adalah sasis baru, evolusi namun berbasis pada (sasis) 2016,” tutur Rossi, seperti dilansir dari Auto Sport (28/1/2018).

“Ketika saya mengendarai sasis ini saya merasa lebih baik, cara berkendara saya lebih alami, saya merasa saya tampil lebih baik dan ketika saya melesat, saya memiliki kecepatan yang bagus,” ujarnya.

Tiga jam pertama tes MotoGP Sepang 2018 hari kedua
Tiga jam pertama di hari kedua tes resmi MotoGP Sepang 2018, Valentino Rossi tercepat (sumber: MotoGP)

Meskipun memperoleh hasil yang positif di hari pertama, namun Rossi belum bersedia memastikan apakah dirinya akan memperpanjang kontrak 1 tahun lagi bersama Yamaha. Namun, menyimak penuturannya, pemilik nomor balap VR46 tersebut diprediksi akan mengambil keputusan sebelum dimulainya MotoGP Qatar 2018.

“Pertama-tama, saya ingin melakukan seluruh tes pra musim, karena saya ingin memahami jika saya kompetitif, jika motornya kompetitif dan juga jika saya memiliki cukup tenaga untuk melakukan seluruh tes, maka saya akan menandatangani (kontrak),” ungkap Rossi seperti dilansir dari Motorsport Magazine.

Walaupun tampil kompetitif di hari pertama, Rossi hanya berhasil menempati posisi keenam, dengan selisih waktu 0,806 detik lebih lambat dibandingkan Dani Pedrosa. Namun hal tersebut tidak membuatnya kuatir karena dirinya memutuskan untuk berhenti lebih awal disaat banyak pembalap lainnya masih berada di lintasan.

“Hari pertama tes selalu menjadi sebuah bencana, secara fisik, jadi saya ingin menyimpan tenaga saya untuk dua hari ke depan,” jelasnya.

Tes resmi MotoGP Sepang 2018 berlangsung selama tiga hari, mulai Minggu hingga Selasa (28-30 Januari 2018) dengan periode waktu 8 jam per hari.

Siaran Langsung MotoGP 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here