Hasil Tes Resmi MotoGP Qatar 2018 Hari Pertama: Vinales Tercepat, Rossi Keenam

Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat di tes resmi MotoGP Qatar hari pertama, Kamis 1 Maret 2018, di Losail International Circuit. Sedangkan Valentino Rossi, yang sempat memimpin di pertengahan sesi uji coba pra musim terakhir ini, berakhir di peringkat keenam, dengan catatan waktu setara dengan Alex Rins yakni selisih 0,379 detik dibandingkan Vinales.

Vinales sempat tampil kurang meyakinkan dalam dua tes resmi pra musim sejak awal tahun 2018 yang digelar di Sepang dan Buriram. Namun pembalap Movistar Yamaha MotoGP tersebut berhasil menjadi yang tercepat di hari pertama tes di Qatar dengan selisih 0,051 detik dibandingkan Andrea Dovizioso.

Setelah sempat berada di luar posisi 10 besar nyaris di sepanjang hari, Vinales akhirnya berhasil melesat ke posisi tercepat saat waktu tersisa kurang dari dua jam lagi di hari petama sesi uji coba, melewati Jorge Lorenzo dengan selisih waktu 0,370 detik.

Sering Dilihat:  Cristiano Ronaldo Kena Skors 5 Pertandingan, Apa Saja ?

Setelah itu, Vinales tidak lagi meningkatkan catatan waktunya sehingga keunggulannya hanya terpaut 0,051 detik dibandingkan Dovizioso yang berada di posisi kedua. Mantan rekan Dovi di tim Ducati yang kini bergabung dengan Suzuki, Andrea Iannone, berhasil melesat dalam 30 menit terakhir sesi uji coba dan melenggang ke urutan ketiga dengan selisih hanya 0,003 detik dibandingkan sang runner up.

Johann Zarco dan Jorge Lorenzo menutup posisi lima besar berturut-turut dengan selisih waktu 0,133 detik dan 0,370 detik dibandingkan Vinales. Sementara dua pembalap selanjutnya, Alex Rins dan Valentino Rossi, memiliki catatan waktu setara, yakni 1 menit 55,432 detik, selisih 0,009 detik lebih lambat dibandingkan Lorenzo.

Posisi kedelapan ditempati pembalap tim Pramac Racing, Danilo Petrucci, yang berhasil mengungguli tiga pembalap Honda yang menempati posisi ke-9 hingga ke-11 secara beruntun yakni Cal Crutchlow, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa.

Sering Dilihat:  Breaking News... Lewis Hamilton Akan Berkompetisi Di MotoGP 2018!

Dalam tes resmi hari pertama ini, Pedrosa sempat mengalami dua kali crash. Sedangkan pembalap baru dari Avintia Ducati, Tito Rabat, juga menjadi salah satu pembalap yang mengalami crash di hari pertama sesi uji coba dan berakhir di posisi ke-16 lewat 69 lap yang dilaluinya.

Rekan baru Crutchlow di LCR Honda, Takaaki Nakagami, mengakhiri sesi tes hari pertama di Losail di urutan ke-14, satu tingkat di atas pembalap baru tim Aprilia Racing, Scott Redding. Sedangkan empat pembalap rookie lainnya, yakni Franco Morbidelli, Hafizh Syahrin, Thomas Luthi, serta Xavier Simeon berturut-turut menempati empat posisi terbawah, dari urutan 21 hingga 24.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.