Hasil Tes Resmi MotoGP Qatar 2018 Hari Ketiga: Johann Zarco Paling Cepat, Valentino Rossi ‘Runner Up’

Johann Zarco dan Valentino Rossi berturut-turut menjadi dua pembalap tercepat dalam hasil tes resmi MotoGP Qatar 2018 hari ketiga yang digelar hari Sabtu 3 Maret 2018 di Losail International Circuit.

Zarco menempati posisi tercepat ketika tersisa dua jam lagi jelang akhir tes resmi hari ketiga di Qatar, menggeser posisi Cal Crutchlow dengan selisih sepersepuluh detik sebelum kemudian berhasil dua kali lagi memperbaiki catatan waktu hingga berakhir di 1 menit 54,029 detik.

Catatan waktu pembalap tim Tech3 Yamaha tersebut hanya 0,102 detik lebih lambat dibandingkan rekor lap yang ditorehkan Jorge Lorenzo di tahun 2008.

Sementara itu, Crutchlow terus berada di posisi kedua sebelum Andrea Dovizioso dan kemudian Valentino Rossi berhasil menggeser posisinya pada satu jam terakhir sesi uji coba.

Rossi, yang sempat mengalami crash di tikungan 14 di penghujung lap jelang tiga jam terakhir di sesi uji coba tersebut, berhasil mengakhiri tes resmi di urutan kedua dengan selisih 0,247 detik lebih lambat dibandingkan Zarco.

Sering Dilihat:  MotoGP Italia 2017, Valentino Rossi 'Pamit' Pada Fans Di Misano

Dovizioso menempati urutan ketiga dengan selisih 0,302 detik dibandingkan Zarco, sementara Crutchlow berada di posisi keempat diikuti oleh ‘juara’ tes resmi hari pertama, Maverick Vinales, yang menutup posisi lima besar.

Juara bertahan Marc Marquez menempati posisi keenam, diikuti Alex Rins di urutan ketujuh. Rins menjadi pembalap tunggal dari tim Suzuki Ecstar yang hadir di tes resmi hari ketiga setelah Andrea Iannone mengundurkan diri dalam sesi ini akibat gangguan pencernaan.

Rins berhasil menaklukan trio pembalap Ducati, Danilo Petrucci, Jorge Lorenzo, dan Jack Miller yang berturut-turut menempati posisi ke-8 hingga 10.

Juara Moto2 musim lalu, Franco Morbidelli berhasil menempati posisi ke-12, satu tingkat di bawah Dani Pedrosa. Sementara pembalap rookie lainnya, Takaaki Nakagami, Xavier Simeon, dan Thomas Luthi secara beruntun menempati posisi ke-21 hingga 23.

Berikut hasil tes resmi MotoGP Qatar 2018 hari ketiga (3/3/2018) seperti dilansir dari situs MotoGP:

Sering Dilihat:  Daftar Nama 23 Pemain Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-15 2017
Hasil tes MotoGP Qatar hari ketiga 3/3/2018
Hasil tes resmi MotoGP Qatar 2018 hari ketiga (sumber: MotoGP)

Seperti telah direncanakan, satu jam terakhir di sesi uji coba hari ketiga dimanfaatkan oleh para pembalap untuk melakukan tes dalam kondisi basah secara artifisial atau buatan.

Valentino Rossi menjelaskan bahwa dirinya tidak tidak mengikuti pembalap lainnya selama tes tersebut namun merasa bahwa penglihatan dan grip nya cukup bagus untuk dapat mengikuti balap.

“Ini OK, saya pikir kami dapat melakukannya (balapan). Saya sendirian, jadi saya tidak tahu tentang grup, namun perasaan saya juga sepanjang malam Anda dapat balapan tanpa masalah besar.

“Juga nampaknya grip di lintasan cukup normal dengan adanya air, jadi saya pikir kami dapat melakukannya,” ungkap Rossi, seperti dilansir dari Auto Sport (3/3/2018).

Usai mengikuti tes resmi pra musim terakhir, para pembalap selanjutnya menantikan jadwal balap resmi MotoGP 2018 perdana di Qatar yang digelar pada tanggal 18 Maret 2018.

Berikut link streaming Motogp Qatar 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.