Hasil Tes Pra-Musim MotoGP 2018 Hari Ke-1 Didominasi Yamaha, Rossi Crash Hebat!

Maverick Vinales
(sumber: MotoGP)

NontonBolaJo.com – Hasil tes pra-musim MotoGP 2018 yang digelar hari Selasa 14 November 2017 di sirkuit Valencia didominasi tiga pembalap Yamaha, yakni Maverick Vinales di posisi pertama, Johann Zarco kedua, dan Valentino Rossi yang sempat mengalami crash hebat mengakhiri tes di urutan keempat.

Dari empat posisi teratas hasil tes pra-musim MotoGP 2018, hanya pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang berhasil ‘memisahkan’ tiga pembalap Yamaha tersebut, tepatnya berada di urutan ketiga. Sementara juara kedua MotoGP musim lalu Andrea Dovizioso mengakhiri sesi latihan di urutan ketujuh.

Insiden besar mewarnai jalannya tes perdana di hari Selasa, diantaranya crash yang dialami Valentino Rossi di tikungan 10 dan Alvaro Bautista di tikungan 1. Bahkan crash hebat yang dialami Rossi setelah baru saja menyelesaikan dua lap membuat motor balap Yamaha M1 – casis 2016 dengan pengembangan mesin – hancur berkeping-keping.

“Prioritas utama adalah mesin, ini prototipe pertama dari mesin 2018, namun sayangnya saya melakukan dua lap dan crash. Saya harap mereka mampu memperbaiki dan kami dapat menggunakan mesin besok, jadi saya dapat memahami,” ungkap Rossi seperti dilansir dari Autosport (14/11/2017).

Beruntung crash tersebut tidak berdampak pada performa The Doctor, yang berhasil menyelesaikan total 64 lap dan mengakhiri sesi uji coba di posisi keempat, selisih sekitar 0,3 detik dibandingkan pembalap tercepat yakni rekan setim-nya, Vinales.

Sedangkan Bautista mengakhiri sesi uji coba lebih awal terkait crash yang dialaminya dan gagal mencatatkan waktu lap. Pembalap asal Spanyol ini sempat dibawa ke rumah sakit untuk mengetahui kondisinya setelah crash dan dinyatakan tidak mengalami keretakan apapun. Sedangkan dua rekannya, Karel Abraham dan Xavier Simeon, juga sempat terjatuh di sesi uji coba ini.

Beberapa kejutan juga mewarnai tes hari pertama, diantaranya aksi positif dari Jack Miller dalam debutnya bersama Pramac Ducati yang berhasil mengakhiri sesi uji coba di urutan kelima. Sedangkan dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo menempati posisi ketujuh dan kedelapan, di belakang pembalap Aprilia Aleix Espargaro yang berada di urutan keenam.

Ducati masih menunggu hingga tahun depan untuk debut Desmosedici GP 18 sehingga Dovi dan Lorenzo, beserta Danilo Petrucci, melakukan sesi uji coba dengan motor 2017 yang berevolusi.

Pembalap KTM Pol Espargaro berada di posisi kesembilan, diikuti dua pembalap Honda yakni Cal Crutchlow dan Dani Pedrosa. Selanjutnya, pembalap KTM lainnya Bradley Smith mengisi urutan ke-12.

Sesi tes tersebut juga menandai debut Juara Dunia Moto2 Franco Morbidelli di kelas MotoGP yang berakhir di urutan ke-18 setelah menyelesaikan 78 lap. Sedangkan dua pembalap Suzuki, Andrea Iannone dan Alex Rins, terpaksa melewatkan tes hari pertama karena mengalami gangguan sakit perut.

Berikut hasil tes pra-musim MotoGP 2018 di sirkuit Valencia (14/11/2017):

Hasil tes pra musim MotoGP 2018 hari pertama di Valencia
Hasil tes pra musim MotoGP 2018 hari pertama di sirkuit Valencia (14/11/2017)

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here