Hasil Real Madrid vs MU 1-1 (Penalti 1-2) Turnamen ICC 2017 Zona Amerika

Manchester United Juara Liga Europa 2016/2017

NontonBolaJo.com – Manchester United menorehkan kemenangan kedua di turnamen musim panas International Champions Cup (ICC) 2017 setelah berhasil menaklukkan juara Liga Champions, Real Madrid, melalui babak adu penalti. Pertemuan head to head antara The Vikings vs The Red Devils berlangsung di Levi’s Stadium, Santa Clara, California, Senin (24/7/2017) dini hari kick off pukul 04:00 WIB.

Setelah menang di pertandingan perdananya dalam Derby Manchester versi ICC 2017 melawan rival sekota, Man City, dengan skor 2-0, MU mendapat lawan tangguh di game ke-2. Sedangkan bagi jawara La Liga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, Real Madrid, pertandingan melawan MU menjadi game perdananya di turnamen ini.

Jose Mourinho memilih untuk tidak menurunkan duo striker, Romelu Lukaku dan Marcus Rashford, secara bersamaan seperti yang dilakukannya saat menghadapi Manchester City. Seperti yang telah diungkapkannya, The Special One memang memilih untuk memainkan tiga laga dengan tiga sistem yang berbeda.

“Kami memainkan tiga pertandingan dalam tiga sistem berbeda, tiga bek, empat bek dengan satu atau enam di depan dan laga terakhir bersama nomor 10, kami mencoba berbagai hal berbeda, kami mengerjakannya,” ungkap Mourinho sebelum pertandingan berlangsung.

Susunan line up starting XI Real Madrid vs MU :

Real Madrid XI : Navas, Carvajal, Varane, Nacho, Kroos, Modric, Marcelo, Vazquez, Isco, Benzema, Bale.

MU XI : Romero, Fosu-Mensah, Bailly, Jones, Darmian, Carrick, Fellaini, Pereira, Martial, Lingard, Rashford.

Di babak pertama MU nampak lebih mendominasi penguasaan bola, meskipun beberapa peluang pun diperoleh Los Blancos untuk mengancam gawang Romero. Peluang dini diperoleh MU di menit ke-8 melalui kerjasama Anthony Martial dan Jesse Lingard. Namun sayang sepakkan Lingard masih dapat dihentikan oleh Keylor Navas.

Selanjutnya kedua tim nampak kesulitan menciptakan peluang emas hingga akhirnya di menit ke-40 Gareth Bale berhasil membongkar lini pertahanan MU seiring operan luar biasa dari Toni Kroos. Karim Benzema pun telah menanti di tengah, namun Eric Bailly berhasil memotong alur bola dengan sempurna.

Dua menit kemudian, Lingard kembali mendapat celah. Sayang bola masih melambung melewati gawang. Namun akhirnya gol perdana tercipta untuk keunggulan MU di menit ke 45+1. Aksi brilian Martial yang berhasil menaklukkan sejumlah pemain bek Madrid yang mengurung dirinya, termasuk Carvajal, Modric, dan Vazquez, membuat dirinya memiliki kesempatan untuk memberi umpan matang pada Lingard. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan, Lingard langsung menyematkan bola ke gawang Madrid. Skor 0-1 untuk keunggulan MU menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, pergantian pemain secara besar-besaran terjadi di kedua kubu. Zinedine Zidane mengganti keseluruhan 11 pemainnya dengan grup pemain muda, bersama Kovacic dan Casemiro yang menjadi pemain senior. Rekrutan baru Theo Hernandez pun turut dalam rombongan ini.

Sedangkan Mourinho menurunkan 8 pemain berbeda di babak kedua yakni David De Gea, Daley Blind, Victor Lindelof, Chris Smalling, Ander Herrera, Paul Pogba, Henrikh Mkhitaryan, Romelu Lukaku. Hanya Darmian, Fellaini, dan Martial yang tetap bertahan di lapangan.

Namun baru lima menit laga babak kedua berlangsung, Herrera harus digantikan akibat cedera saat bertarung bola bersama Oscar. Scott McTominay menggantikan pesepakbola asal Spanyol tersebut. Ini adalah pemain MU kedua yang mengalami cedera sepanjang tur Amerika 2017. Sebelumnya, Juan Mata tidak dapat memperkuat MU saat menghadapi City maupun Real Madrid akibat cedera engkel yang dialaminya ketika melawan klub MLS, Real Salt Lake.

“Setidaknya sangat nyeri karena Ander (Herrera) harus keluar jadi itu pastinya sangat nyeri. Saya juga selalu mengatakan pada para pemain, tidak ada resiko di laga persahabatan. Jika anda merasakan sesuatu, atau anda merasakan sesuatu akan terjadi, keluar, karena hasil tidaklah penting,” ujar Mourinho terkait cedera yang dialami Herrera.

Dan di menit ke-68 aksi blunder Lindelof yang menjegal Hernandez dalam kotak penalti berbuah pahit bagi MU. Hadiah penalti tidak disia-siakan oleh Casemiro untuk mencetak gol penyeimbang bagi tim-nya. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak kedua berakhir.

Babak penalti pun menjadi penentu siapa yang akan memenangkan pertandingan ini. Akhirnya, setelah beberapa tendangan penalti gagal dieksekusi dengan sempurna, Manchester United berhasil menaklukkan Real Madrid dengan skor penalti 1-2. Dua gol untuk MU dipersembahkan oleh Mkhitaryan dan Blind (Martial, McTominay, Lindelof gagal), sedangkan Madrid hanya memperoleh 1 gol lewat Quezada (Kovacic, Oscar, Hernandez, Casemiro gagal).

Kemenangan ini membawa MU ke puncak klasemen sementara ICC 2017 zona Amerika. United duduk di posisi teratas dengan total 5 poin, diikuti kub Premier League lainnya, Tottenham Hotspur, yang memperoleh 3 poin setara dengan peraih urutan ketiga, Barcelona, karena keunggulan di selisih gol. Sedangkan peraih gelar juara ICC 2 tahun terakhir berturut-turut, Paris Saint-Germain, berada di urutan ke-4 dengan total 2 poin.

Selanjutnya, MU akan menghadapi klub raksasa asal Spanyol lainnya, Barcelona, sebagai laga penutup bagi The Red Devils di ICC 2017. Sedangkan Real Madrid masih menghadapi 2 pertandingan lagi, yakni melawan Manchester City dan laga ‘El Clasico’ menghadapi Barcelona.

Pertemuan antara Real Madrid vs MU pun akan berulang dalam sebuah laga bersifat kompetitif untuk memperebutkan gelar juara UEFA Super Cup 2017. Juara Liga Champions akan menghadapi juara Liga Europa pada Rabu (9/8/2017) dini hari WIB di Skopje.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here