Hasil Pra-Race Kualifikasi MotoGP Austria Di Posisi Ke-7, Valentino Rossi Masalahkan Ban

Valentino Rossi hanya mampu meraih posisi ke-7 saat babak kualifikasi MotoGP Austria 2017 digelar. Setelah terganggu flu, masalah ban kini mengganggu performa The Doctor di Red Bull Ring, Spielberg.

NontonBolaJo.com – Berdasarkan hasil kualifikasi MotoGP Austria 2017, Valentino Rossi harus mengawali final race MotoGP Austria 2017 di urutan ke-7 alias grid ketiga. Padahal di latihan bebas ketiga (FP3), pemilik nomor balap VR 46 tersebut tampil garang dan menempati peringkat ke-5 dengan selisih hanya sekitar setengah detik dibandingkan Marc Marquez yang menjadi juara FP3.

Namun di babak kualifikasi Rossi tidak hanya tertinggal dari Marquez, juga dari Zarco yang mampu merebut posisi ke-6 dengan selisih 0,1 detik lebih cepat. Pasca hasil ‘buruk’ di kualifikasi, Rossi pun menengarai masalah yang dialaminya dengan ban soft yang digunakan saat keluar dari pit untuk kedua kali di sesi kualifikasi.

“Dari exit pertama (di FP3) keseimbangan motor balap kami sangat jauh meningkat dan saya merasa nyaman, saya hampir selalu kompetitif. Dengan (ban) soft di kualifikasi saya cukup kuat, namun sayangnya ban kedua tidak bekerja dengan baik. Saya kekurangan grip dan terlalu banyak putaran (ban).

Sering Dilihat:  Live Tottenham vs Everton Pekan 23 Liga Inggris 2018: Allardyce Wajib Menang Agar 'Awet'

“Saya mencoba memacu hingga maksimum namun mustahil untuk meningkat. Potensi saya pastinya berada di lima besar, juga (mungkin) di baris depan. Sayangnya terkadang ini terjadi, kali ini terjadi pada saya,” jelas Rossi.

“Saya harus mengawali di baris ketiga; itu selalu cukup sulit. Namun kecepatan saya tidak terlalu buruk, kami harus mencoba melesat dari awal hingga akhir dan kita lihat saja. Saya pikir pilihan ban akan sangat krusial karena semua pilihan terbuka, jadi sangat penting untuk membuat pilihan yang tepat,” imbuhnya.

Sebelumnya, di FP1 dan FP2, aksi Rossi kurang maksimal dan hanya mampu menempati posisi ke-12 di kedua latihan bebas tersebut. Selain mengalami kondisi kesehatan yang kurang baik akibat flu, peraih 9 kali gelar juara dunia saat itu juga tidak mengadopsi aero-fairing baru seperti yang digunakannya di sesi ujicoba di Brno, yang dianggapnya kurang cocok dengan lintasan di sirkuit Red Bull Ring.

Sering Dilihat:  Prediksi Juara Dunia MotoGP 2018 A la Valentino Rossi, Marc Marquez, Dan Andrea Dovizioso

Namun di FP3, Rossi memutuskan untuk menggunakan aero-fairing baru tersebut dan ternyata hasilnya positif. “Sejujurnya saya pikir mungkin ini bukan lintasan terbaik (untuk menggunakannya), namun kemarin (Jumat) kami mengalami masalah sangat banyak masalah wheelie. Jadi kami memutuskan untuk mencoba, karena itu dapat sangat membantu untuk masalah tersebut.

“Faktanya ini menjadi balapan yang bagus, ini (fairing) membantu saya. Jadi saya pikir kami akan menggunakannya,” pungkas Rossi.

Berdasarkan hasil kualifikasi MotoGP Austria 2017, Rossi akan mengawali baris final race yang digelar malam ini, Minggu (12/8/2017), dari baris ketiga bersama Pedrosa dan Crutchlow. Sedangkan baris pertama ditempati Marc Marquez, sebagai juara kualifikasi, bersama dua pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo. Selanjutnya Maverick Vinales, Danilo Petrucci, dan Johann Zarco mengisi baris kedua.

Balap final MotoGP Austria 2017 akan digelar di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, hari Minggu malam (12/8/2017) mulai pukul 19:00 WIB. Namun sebelumnya, pembalap MotoGP mendapat kesempatan untuk melangsungkan sesi pemanasan pada pukul 14:40 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.