Hasil Play-off Piala Dunia 2018: Swiss Dan Kroasia Lolos Ke Rusia

Live Streaming Swiss vs Irlandia Utara
Stuard Dallas dijegal keras oleh Fabian Schar dalam leg pertama Irlandia Utara vs Swiss (sumber: The Sun)

NontonBolaJo.com – Swiss dan Kroasia lolos ke final turnamen Piala Dunia 2018 setelah masing-masing bermain imbang tanpa gol di leg kedua babak play-off yang digelar Senin 13 November 2017 dini hari WIB.

Impian Irlandia Utara dan Yunani untuk lolos ke Rusia tahun depan buyar setelah keduanya ditahan imbang oleh Swiss dan Kroasia yang telah lebih dahulu unggul di leg pertama. Swiss memastikan langkah ke final turnamen Piala Dunia setelah mengakhiri babak play-off dengan hasil agregat 1-0, sedangkan Kroasia dengan skor 4-1.

Pertandingan antara Swiss dan Irlandia Utara berlangsung sengit setelah tim asuhan Michael O’Neill tertinggal satu gol di leg pertama dari hasil tendangan penalti yang sempat menimbulkan kontroversi di Belfast. Di bawah derai hujan di St Jakob-Park, Irlandia Utara nyaris memaksakan terjadinya tambahan waktu andaikan sundulan pemain bek West Brom Jonny Evans tidak terhadang oleh Ricardo Rodriguez, pengeksekusi tendangan penalti di leg pertama.

“Ini adalah sebuah momen kehancuran namun juga momen yang sangat membanggakan. Kami melangkah bersisian dengan pihak yang sangat bagus dan ini ditentukan oleh keputusan yang sangat disesalkan, sebuah penalti yang seharusnya tidak terjadi,” tutur O’Neill usai pertandingan leg kedua, Senin (13/11/2017 – dini hari WIB), seperti dilansir dari Reuters.

Bagi Swiss, ini adalah final turnamen Piala Dunia keempat kalinya yang diraih secara beruntun. Namun hasil leg kedua ini juga menandai kegagalan pertama bagi Swiss untuk menang dalam laga kandang yang bersifat kompetitif sejak bulan September 2014 ketika dikalahkan Inggris dengan skor 0-2.

Kroasia Melaju, Yunani tersingkir

Senada dengan Swiss, Timnas Kroasia pun memastikan langkah menuju Rusia meskipun ditahan imbang oleh Yunani tanpa gol di leg kedua saat bermain di Stadion Georgios Karaiskakis, Athena. Keunggulan dengan skor 4-1 di leg pertama membuat tim asuhan Zlatko Dalic mengikuti jejak Swiss ke final turnamen Piala Dunia tahun depan.

Tim tuan rumah menggencarkan serangan sejak awal pertandingan, namun Kroasia nyaris menambah keunggulan di babak pertama ketika tendangan Ivan Perisic menghantam mistar gawang. Meski bermain tanpa gol di leg kedua, namun Kroasia berhasil terkualifikasi ke Piala Dunia untuk kelima kalinya sejak kemerdekaannya di tahun 1991.

“Selamat untuk para pemain saya, malam ini adalah pertandingan luar biasa, penuh tekanan, dan kami meraih apa yang kami ingin lakukan dan melaju ke Rusia.

“Kami memainkan pertandingan yang sangat mengagumkan di Zagreb di leg pertama, malam ini jauh lebih sulit. Namun tidak pernah penting bagi kami melihat siapa yang akan menjadi lawan di play-off ini, karena saya yakin kami akan menang siapapun yang kami lawan,” tutur pelatih Kroasia Zlatko Dalic.

Selanjutnya, leg kedua babak play-off Piala Dunia zona Eropa akan mempertemukan Italia vs Swedia dalam pertandingan di Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, pada Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. Laga krusial ini akan menentukan siapa yang lolos ke FIFA World Cup tahun depan setelah Italia tertinggal 0-1 dari Swedia di leg pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here