Hasil Play-Off Gagal Bawa Italia Ke Piala Dunia, Ventura Tidak Undur Diri

Gian Piero Ventura
Gian Piero Ventura, pelatih Timnas Italia (sumber: Vivo Azzurro)

NontonBolaJo.com – Gian Piero Ventura menyangkal kabar tentang pengunduran dirinya setelah Timnas Italia gagal melaju ke final turnamen Piala Dunia 2018 akibat ditahan imbang tanpa gol oleh Swedia di leg kedua babak play-off yang digelar Selasa 14 November 2017 dini hari WIB.

Tertinggal satu gol dari Swedia di leg pertama dan gagal mencetak gol di leg kedua membuat tim Azzurri tidak dapat mengikuti final turnamen Piala Dunia yang berlangsung di Rusia tahun depan. Meskipun sejumlah media Italia mengabarkan bahwa pelatih berusia 69 tahun tersebut akan langsung menyerahkan surat pengunduran diri, namun Ventura menjelaskan bahwa dirinya harus terlebih dahulu berbicara dengan presiden federasi Carlo Tavecchio.

“Saya belum mengundurkan diri, karena saya belum berbicara dengan presiden,” tutur Ventura dalam acara jumpa pers pasca pertandingan, Senin (14/11/2017), seperti dilansir dari ESPN.

Sebelumnya, Ventura sempat mengelak sesi wawancara televisi setelah Italia tersingkir dari ajang Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam enam dekade terakhir.

“Maafkan keterlambatan saya, namun setiap pemain dimana saya mendapatkan hak istimewa untuk bekerjasama, saya ingin menghormatinya secara individual,” ungkap Ventura.

“Ini hasil yang sangat berat untuk ditanggung karena saya sangat yakin dan pertandingan malam ini mengkonfirmasi hal itu – bahwa kami memiliki keinginan yang sangat kuat untuk mengatasi rintangan ini. Saya telah ada di dunia sepak bola bertahun-tahun dan mengetahui seperti apa itu.

“Saya bangga menjadi bagian dari grup Azzurri. Saya bangga telah bekerja dengan juara-juara luar biasa dan yang lainnya yang saya harap dapat menjadi juara.

“Saya kecewa karena sekali lagi malam ini saya menyadari apa arti Nazionale bagi orang-orang. Saya berterimakasih untuk masyarakat di San Siro yang membantu kami hingga menit terakhir. Ini unik dan luar biasa. Faktanya kami layak untuk terkualifikasi nyatanya menjadi sekunder sekarang ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ventura nampak enggan untuk membicarakan tentang masa depannya sebagai pelatih Timnas Italia setelah dirinya baru saja menandatangani perpanjangan kontrak hingga tahun 2020 pada bulan Agustus silam.

“Di momen ini saya rasa tidak tepat untuk mendiskusikan hal itu. Kami akan lihat, kami akan mendiskusikan situasi dan saya akan berbicara dan mendengarkan. Apapun hasil dari pertemuan akan diterima.”

Meskipun meminta maaf sehubungan hasil play-off yang gagal meloloskan Italia ke Rusia tahun depan, namun Ventura tetap membela para pemainnya yang telah berjuang dan bekerja keras.

“Saya meminta maaf atas hasilnya, ya, namun tidak untuk upaya dan kerja keras. Saya juga menyadari bahwa hasil adalah hal terpenting.

“Pertandingan malam hari ini menunjukkan bahwa tidak ada kerusakan di Nazionale. Seluruh yang dapat saya lakukan saat ini adalah meminta maaf untuk masyarakat Italia mengenai hasilnya, namun itu tidak berdampak pada profesionalisme, kerja keras atau upaya yang kami tempatkan untuk ini,” tandasnya.

Berdasarkan hasil babak play-off Piala Dunia 2018, Swedia mengikuti jejak Swiss dan Kroasia yang lebih dahulu lolos setelah masing-masing mengalahkan Irlandia Utara (skor agregat 1-0) dan Yunani (agregat 4-1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here