Hasil Las Palmas vs Barcelona 1-1, Valverde Sesalkan ‘Penalti Siluman’

Barcelona gagal merebut tiga poin penuh saat menantang Las Palmas di Estadio de Gran Canaria pada Jumat 2 Maret 2018 dini hari WIB. Lionel Messi dkk terpaksa berbagi satu poin setelah tim tuan rumah dapat menyeimbangkan skor lewat yang disebut pelatih Barca sebagai ‘penalti siluman’.

Messi berhasil mengoyak gawang Las Palmas di menit ke-21 melalui tendangan bebas, namun Jonathan Calleri berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-48 lewat ‘hadiah’ penalti yang diberikan wasit Mateu Lahoz.

Ini adalah kali pertama Barcelona kebobolan lewat penalti dalam 746 hari berlangsungnya La Liga Spanyol. Dan Valverde nampak geram dengan peristiwa tersebut.

“Penalti melukai kami, kami telah menyaksikan mereka menyamakan kedudukan melalui sebuah penalti siluman,” sesal Valverde pasca pertandingan, seperti dilansir dari Marca (2/3/2018).

Meskipun secara terang-terangan menunjukan kemarahannya terhadap keputusan wasit tersebut, namun mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut menegaskan bahwa dirinya tidak ingin menganalisa wasit, termasuk ketika gagal menyimak aksi handball Leandro Chichizola di luar box.

Sering Dilihat:  Daftar Skuad Barca vs ATM, Live Streaming Liga Spanyol Pekan 27 Di Sini!

“Saya tidak ingin menganalisa wasit. Saat turun minum saya berbicara tentangnya mengenai aksi terang-terangan, handball disengaja yang dilakukan kiper di luar box. Penalti, saya masih tidak tahu untuk apa itu diberikan. Di ruang ganti, ini tidak jelas siapa yang telah melakukan apa hingga terjadinya penalti,” ungkap Valverde.

Menurut analisanya, Barca berhasil mendominasi babak pertama meskipun hanya menorehkan keunggulan tipis lewat gol tunggal Messi. Namun momen penalti telah menjadi momen kunci perubahan warna pertandingan di babak kedua.

“Di babak pertama Anda dapat merasakan adanya bahaya, terlebih dengan sangat banyaknya kartu kuning. Kami unggul di babak pertama, namun dengan keunggulan tipis.

“Momen penalti melukai kami karena cara terjadinya, kemudian mereka bertahan dengan sangat baik dan kami berusaha mencetak gol. Ada sedikit konsistensi di permainan kami, itu merugikan kami,” tuturnya.

Sering Dilihat:  Live Race MotoGP Jepang - Hasil Klasemen Usai GP Motegi 2017 Terbaru

Namun Valverde juga sempat mengkritik gaya menyerang tim asuhannya yang melewatkan serangkaian peluang di Canary Island. “Sering kali kami terburu-buru, kurang jelas di operan akhir, keputusan akhir,” Valverde mengakui.

Meskipun dapat meneruskan laju tak terkalahkan hingga 33 kali secara beruntun di kompetisi liga, namun hasil imbang ini bukanlah yang diharapkan Barca.

“Kami sangat berharap mendapatkan tiga poin,” tegas Valverde usai ‘dipaksa’ berbagi satu poin bersama Las Palmas.

Hingga pekan ke-26 Barcelona tetap memimpin klasemen sementara. Namun kemenangan Atletico atas Leganes dan hasil imbang yang diperoleh Barca bersama Las Palmas telah memperkecil jarak antara dua tim teratas tersebut hingga lima poin saja menjelang pertemuan Barcelona vs Atletico Madrid di Camp Nou pada hari Minggu (4/3/2018) malam WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.