Hasil Kualifikasi Piala Asia 2018 : Timnas U-19 Indonesia Kalah 1-4 Dari Malaysia

Timnas Indonesia U-19
Timnas U19 Indonesia vs Brunei di Piala AFF U-18 2017 (sumber AFF)

NontonBolaJo.com – Timnas Indonesia U-19 kalah telak dari Timnas U-19 Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 grup F yang berlangsung di Paju Public Stadium, Korea Selatan, Senin (6/11/2017).

Malaysia unggul 2-1 di babak pertama oleh gol yang dicetak oleh Muhammad Hadi di menit ke-7 dan Akhyar Rashid di menit ke-34. Sedangkan tim Garuda Muda membalas melalui Hanis Saghara pada menit ke-43.

Gol perdana Malaysia didapat melalui penalti karena wasit menilai kiper Indonesia Gianluca Rossy Akif Syahiran di kotak terlarang. Sedangkan gawang Indonesia kembali jebol setelah pemain Harimau Muda Akhyar Rashid lolos dari perangkap offside.

Umpan akurat pemain tengah Malaysia dimanfaatkan dengan baik oleh Akhyar yang menggiring bola langsung ke kotak penalti. Bola ditendang pelan saja dan masuk ke gawang yang dijaga Gianluca. Skor sementara menjadi 2-0 untuk Malaysia.

Hannis Saghara berhasil memperkecil kekalahan timnas Indonesia di babak pertama menit ke-43. Tembakan keras dari luar kotak penalti oleh Iqbal berhasil ditepis kiper Malaysia, namun bola liar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Hanis yang tepat berada didepan gawang. Skor berubah Indonesia 1-2 Malaysia dan bertahan hingga babak pertama selesai.

Usai istirahat, jala Indonesia kembali bergetar padahal pertandingan baru berjalan 3 menit. Tendangan sudut berhasil diolah dengan sempurna oleh Pillay Asokan yang berdiri bebas dan melakukan melesakkan bola melalui sundulan. Timnas Indonesia kembali tertinggal 3-1.

Belum sempat bernafas lega Egy Maulana yang baru masuk di babak kedua dan kawan-kawan harus kembali merasakan pil pahit. Wasit menghadiahi Malaysia sebuah titik putih dan berhasil dieksekusi dengan baik oleh Hadi Fayyad dimenit ke-52. Indonesia makin tertinggal jauh dengan kedudukan skor 1-4.

Coach Indra Sjafri membuat perubahan pada lini serang dan para pemain coba membuat kejutan. Beberapa kali timnas U-19 mampu menembus hingga kotak, namun masih sulit melakukan penyelesaian akhir.

Indonesia akhirnya kalah 1-4 dari Malaysia setelah melalui perjuangan yang melelahkan untuk menyerang dan mempertahankan diri. Secara klasemen, timnas Indonesia U-19 tertinggal di urutan ketiga namun tetap lolos ke final Piala Asia (AFC) 2018 karena menjadi tuan rumah.

Sementara Korea Selatan dan Malaysia dipastikan lolos ke Final AFC 2018 yang akan digelar di Jakarta tahun depan setelah menempati peringkat satu dan dua klasemen Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here