Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2017 : Pedrosa Raih Pole Position, Rossi Start Ke-13

Jadwal Siaran Langsung, Live Streaming, Hasil Kualifikasi Race MotoGP Sepang Malaysia 2017
Pembalap Repsol Honda MotoGP, Dani Pedrosa

NontonBolaJo.com – Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2017 : Pedrosa Raih Pole Position, Rossi Start Ke-13. Persaingan ketat sejak kualifikasi 1 membuahkan hasil yang kurang menyenangkan bagi pembalap legendaris Valentino Rossi. Namun bagi Dani Pedrosa, ini menjadi pole position kedua di hadapan para supporternya di Spanyol sepanjang musim ini.

Tidak seperti biasanya, dalam MotoGP Spanyol 2017 penentuan daftar nama 10 pembalap tercepat yang mendapat hak istimewa untuk lolos otomatis ke kualifikasi 2 dalam rangka perebutan pole position hanya ditentukan berdasarkan catatan waktu di FP3. Hal ini disebabkan perubahan layout lintasan yang terjadi di FP3, kembali ke layout lama seperti yang digunakan di musim lalu.

Perbedaan layout lintasan antara dua latihan bebas yang digelar hari Jumat (9/6/2017) dengan layout yang digunakan sejak FP3 dan seterusnya mulai hari Sabtu (10/6/2017) membuat catatan waktu di hari Jumat diabaikan. Hasilnya, empat pembalap Yamaha tidak dapat melaju ke babak kualifikasi 2 alias harus berebut 2 tempat di Q2 melalui kualifikasi 1.

Terjadilah persaingan sengit di kualifikasi 1 yang diikuti sejumlah pembalap top termasuk Valentino Rossi, Maverick Vinales, Johann Zarco, Jonas Folger, dan Cal Crutchlow. Di akhir Q1, Folger dan Vinales lolos sebagai 2 pembalap teratas yang berhak mengikuti perebutan pole position. Sedangkan Rossi, yang mengakhiri di posisi ketiga pada Q1 harus rela mengawali start dari posisi ke-13 pada final race yang berlangsung hari Minggu (11/6/2017).

“Mengawali dari posisi ke-13 akan sangat sangat sulit besok, sangat sulit juga karena kecepatannya tidak fantastis,” ujar Rossi.

“Masalahnya adalah dengan ban medium kami tidak terlalu buruk untuk enam lap, namun balapan ini 25 lap. Bersama ban (versi) hard kami tidak pernah bagus. Jadi pilihannya adalah, melakukan lima lap dan melambat atau melakukan seluruh balapan dengan lambat,” tandasnya.

Sementara itu, meskipun Vinales dan Folger lolos ke kualifikasi 2, namun kedua pembalap Yamaha tersebut hanya berhasil berakhir di posisi ke-8 dan 9 alias harus mengawali final race dari baris ketiga. Sedangkan dua baris terdepan dikuasai oleh pembalap Honda dan Ducati, plus satu pembalap tim Aprilia.

Dani Pedrosa berhasil meraih pole position dengan catatan waktu 1 menit 43,870 detik. Kemudian grip pertama akan diisi oleh Jorge Lorenzo dan Danilo Petrucci. Selanjutnya, Marc Marquez, Aleix Espargaro, dan Hector Barbera menempati grid kedua. Lalu Andrea Dovizioso dan dua pembalap Yamaha, Folger dan Vinales mengisi grid ketiga.

Di baris keempat akan hadir Alvaro Bautista, Scott Redding, dan Andrea Iannone. Baru kemudian dilanjutkan oleh Rossi, Zarco, dan Jack Miller di baris kelima. Loris Baz, Crutchlow, dan Karel Abraham berada di grid keenam. Dan sisanya berturut-turut akan ditempati Tito Rabat, Pol Espargaro, Sam Lowes, Bradley Smith, dan Sylvain Guintoli.

Terkait masalah yang dihadapinya, Vinales pun merasa bingung untuk menjelaskannya. “Sangat aneh. Saya tidak mendapatkan rasa yang bagus pada motor balapnya. Dengan bagian depan saya merasa cukup OK dan saya dapat mendorong keras, namun bagian belakang buruk,” tutur pembalap asal Spanyol yang saat ini duduk di puncak klasemen sementara MotoGP 2017.

Jadwal final race MotoGP Spanyol 2017 akan digelar hari ini, Minggu (11/6/2017), di sirkuit Barcelona-Catalunya, mulai pukul 19:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here