Hasil Indonesia vs Thailand 0-0 Di Kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23

Latihan Timnas U-22 Indonesia

NontonBolaJo.com – Pertandingan terakhir Timnas U-22 Indonesia di Grup H dalam babak kualifikasi Piala Asia (AFC) U-23 berlangsung malam hari ini, Minggu (23/7/2017). Laga antara Indonesia vs Thailand berakhir imbang tanpa gol di stadion Nasional Thailand, di bawah guyuran hujan deras yang membuat lapangan tergenang.

Pertandingan antara Indonesia vs Thailand serasa bagaikan babak final bagi kedua tim mengingat hanya juara grup dan 5 runner up terbaik dari 10 grup di babak kualifikasi yang dapat lolos ke babak selanjutnya.

Dengan kemenangan Malaysia atas Mongolia di laga terakhir (skor 2-0), maka saat ini Harimau Malaya menduduki puncak klasemen dengan total 6 poin. Sedangkan Thailand berada di posisi runner up dengan total 4 poin, dan Indonesia di urutan ketiga dengan 3 poin. Artinya, kemenangan di laga ini sangat berarti bagi Indonesia maupun Thailand dalam rangka menjaga peluang untuk lolos ke babak berikutnya.

Untuk menghadapi The War Elephants, pelatih Indonesia, Luis Milla, melakukan rotasi sejumlah pemain. Dua pencetak gol dalam pertandingan antara Indonesia vs Mongolia, Saddil Ramdani dan Marinus Wanewar, duduk di bangku cadangan. Sedangkan Febri Hariyadi dan Yabes Roni terlibat dalam susunan line up 11 pemain awal.

Di awal babak pertama kedua tim bermain penuh disiplin. Timnas Indonesia pun tampak menutup rapat lini belakangnya sehingga sulit dibongkar oleh Thailand. Sebaliknya, lini serang Indonesia terlihat belum dalam bentuk terbaik dengan strategi Thailand untuk menjaga ketat striker Indonesia. Setidaknya dua pemain bek akan mengurung rapat striker Tim Merah Putih saat tengah berusaha mengoyak gawang Thailand.

Kondisi bertambah sulit setelah hujan deras mengguyur saat pertandingan baru berjalan sekitar lima menit. Derasnya hujan membuat lapangan tergenang air hingga menghambat laju guliran bola.

Namun dalam derasnya guyuran hujan, Thailand nyaris mengoyak gawang Indonesia di menit ke-32. Beruntung umpan lambung dari Chenrop Samphaodi gagal dikendalikan dengan baik oleh Worachit Kanitsribampen. Kiper Kartika Ajie pun langsung menghentikan ancaman tersebut.

Dua menit kemudian lagi-lagi Thailand mendapat peluang lewat tendangan sudut. Dengan berani kiper Kartika Ajie langsung berusaha mengamankan bola. Meskipun sempat terlepas, namun bola akhirnya aman dalam genggamannya.

Di menit ke-44 giliran Timnas Indonesia yang berhasil menciptakan peluang. Febri Hariyadi mendapatkan bola liar dan berusaha memberi umpan pada Yabes Roni. Namun kiper Nont Muangngam berhasil menangkap bola lebih dahulu. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Indonesia lebih mendominasi serangan. Tekanan demi tekanan dilakukan skuad Garuda Muda meskipun di awal babak kedua Thailand terlebih dahulu mendapatkan peluang emas lewat sundulan Chenrop Samphaodi dan Sittichok Kannoo yang mampu diamankan Kartika Ajie.

Milla melakukan perubahan strategi dengan menurunkan dua striker, Marinus Wanewar dan Saddil Ramdani, menggantikan Septian David Maulana dan Yabes Roni. Lini serang Indonesia semakin bergairah dengan hadirnya dua tenaga baru.

Sejumlah peluang emas tercipta untuk Indonesia. Diantaranya pada menit ke-62 saat Osvaldo mendapatkan bola dari Marinus. Sayang tendangan Osvaldo menyimpang tipis di sisi kanan gawang Thailand. Saddil pun sempat menciptakan peluang emas di menit ke-84 lewat umpan silang yang diarahkannya ke Marinus. Namun kiper Muangngam lebih dahulu berhasil menangkap bola.

Di menit ke-93 kiper Kartika Ajie berhasil melakukan penyelamatan krusial dengan menggagalkan sundulan Sittichok Kannoo. Tambahan waktu 3 menit pun berlalu, skor kacamata 0-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan hasil imbang, langkah Timnas Indonesia U-22 di AFC U-23 edisi 2018 dipastikan terhenti. Tim Merah Putih hanya berhasil duduk di peringkat ke-3 di klasemen Grup H dengan meraih total 4 poin, satu posisi dibawah Thailand yang mengoleksi 5 poin. Namun, Tim ‘Gajah Perang’ pun belum tentu lolos ke babak selanjutnya mengingat hanya 5 runner up terbaik yang dapat menemani 10 juara grup dan tim Tiongkok.

Selanjutnya Timnas U-22 Indonesia akan mengikuti turnamen SEA Games 2017. Indonesia kembali berada satu grup dengan Thailand, di Grup B, bersama Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Pertandingan perdana Timnas Indonesia di SEA Games 2017 dijadwalkan pada tanggal 14 Agustus 2017 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here