Hasil FP1 MotoGP Jepang 2017, Latihan Di Tengah Hujan

MotoGP Jepang 2017 jumpa pers
Hasil latihan bebas keempat MotoGP Jepang 2017 di sirkuit Motegi

NontonBolaJo.com – Latihan bebas pertama MotoGP Jepang 2017 di sirkuit Motegi diwarnai dengan guyuran hujan. Di seri ke-15 ini, Marc Marquez hadir sebagai pemimpin klasemen sementara, diikuti Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales.

Latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Jepang 2017 menandai dimulainya rangkaian balap motor di sirkuit Motegi musim ini pada hari Jumat 13 Oktober 2017. Mendekati akhir musim, setidaknya ada lima pembalap yang tengah berjuang untuk merebut posisi puncak klasemen untuk menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Marc Marquez hadir sebagai pemuncak klasemen sementara dengan total 224 poin, lebih tinggi 16 poin dibandingkan Andrea Dovizioso yang berada di posisi kedua. Sedangkan Maverick Vinales dan Dani Pedrosa berturut-turut menempati posisi ketiga dan keempat dengan meraih 196 poin dan 170 poin.

Terakhir, Valentino Rossi masih berjuang di posisi kelima dengan total 168 poin. Pembalap legendaris asal Italia ini sempat absen di MotoGP Italia 2017 di sirkuit Misano akibat mengalami patah tulang tibia dan fibula di kaki kanannya saat mengikuti latihan enduro.

Mengingat masih ada maksimal 100 poin yang diperebutkan dalam 4 seri terakhir dan banyaknya kejadian tak terduga di MotoGP 2017, maka Marquez enggan untuk menganggap dirinya bisa mempertahankan gelar juara dunia yang diperolehnya musim lalu.

“Ini kejuaraan dan seluruhnya musim ini, kami datang ke sini pada hari Kamis dan anda tidak tahu siapa yang akan menjadi lawan di hari Minggu. Anda tidak pernah tahu, jadi anda harus bekerja menemukan dasar terbaik, lalu di hari Minggu anda akan melihat dimana anda dapat berjuang,” tutur Marquez dalam jumpa pers jelang pertandingan hari Kamis 12 Oktober 2017, seperti dilansir dari situs MotoGP.

Meskipun secara matematis Pedrosa dan Rossi masih berpeluang untuk merebut gelar juara dunia, namun yang paling realistis nampaknya adalah persaingan antara Marquez, Dovizioso, dan Vinales. Seperti yang dikatakan Dovizioso, sisa 100 poin di 4 pertandingan terakhir membuat ‘semuanya akan menyerang’.

Dan dalam perjuangan meraih poin sebanyak-banyaknya, para pembalap MotoGP mengawali dengan FP1 MotoGP Jepang 2017 dengan disambut guyuran hujan di sirkuit Motegi. Siapa menjadi yang tercepat pada lintasan basah di latihan bebas pertama ?

Nantikan update selanjutnya setelah sesi hasil FP1 MotoGP Jepang 2017 usai digelar yang akan dimulai pada pukul 07:55 WIB hingga 08:40 WIB, Jumat (13/10).

Hasil FP1 MotoGP Jepang 2017, komentar langsung jalannya latihan bebas pertama.

Hingga 20 menit pertama FP1, sang pemuncak klasemen sementara Marc Marquez masih memimpin dengan catatan waktu 1 menit 56,349 detik, diikuti oleh Maverick Vinales, Danilo Petrucci, Pol Espargaro, dan Aleix Espargaro di posisi Top 5.

Sedangkan Valentino Rossi dan Dani Pedrosa masih tertahan di luar posisi 10 besar hingga pertengahan latihan bebas pertama. Demikian juga dengan Cal Crutchlow dan Andrea Iannone.

Hingga pertengahan latihan setidaknya ada dua pembalap yang mengalami masalah. Tito Rabat sempat mengalami crash di tikungan ke-7, sedangkan Danilo Petrucci mengalami gangguan mesin.

Berikut daftar 10 pembalap teratas jelang 20 menit terakhir FP1 : Marquez, Dovizioso, Iannone, Vinales, Bautista, Petrucci, Redding, P Espargaro, A Espargaro, Baz.

Sekedar info, ada duapembalap ‘pengganti’ yang mengikuti seri ke-15 MotoGP 2017 di sirkuit Motegi ini.  Hiroshi Aoyama menggantikan Jack Miller yang mengalami retak tulang tibia di kaki kanannya, sementara Kohta Nozane menggantikan Jonas Folger yang terkena infeksi Mononukleosis.

Sampai 10 menit terakhir di FP1, Rossi dan Pedrosa belum berhasil masuk ke posisi 10 pembalap tercepat. Sebaliknya, Crutchlow dan Zarco berhasil melesat ke posisi 4 dan 5, sedangkan Vinales tergeser ke urutan 7.

Yang menarik adalah aksi pengganti Folger, Nozane, yang berhasil kompetitif di posisi 10 tercepat. Namun sampai saat ini belum ada yang berhasil mengalahkan catatan waktu Marquez dengan 1 menit 56,341 detik.

Masalahnya, beberapa area basah akibat hujan sempat membuat motor balap Dovizioso dan Marquez goyang. Namun hal itu tidak menyurutkan aksi Marquez untuk kembali memperbaiki catatan waktu menjadi 1’55,418.

Jorge Lorenzo mulai melesat pada 5 menit jelang akhir FP1 dengan berkompetisi di posisi 5 pembalap tercepat. Namun Aleix Espargaro dan Scott Redding berhasil menduduki posisi ke-2 dan ke-3.

Sebaliknya, Rossi terperosok ke urutan terbawah dengan catatan waktu 1’59,747. Petrucci pun sempat terlempar keluar dari posisi 10 besar. Demikian pula Pedrosa masih tertahan di urutan 18.

Beberapa crash kembali terjadi jelang akhir FP1. Crutchlow mengalami crash hingga berdampak pada Lorenzo. Selain Crutchlow dan Lorenzo, Iannone pun mengalami crash di menit-menit terakhir FP1.

Sesi latihan bebas pertama FP1 usai digelar. Marc Marquez kembali menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 55,418 detik.

Hasil FP1 MotoGP Jepang 2017 Top 10 : Marquez, A Espargaro, Redding, Lorenzo, Dovizioso, Zarco, Crutchlow, Rins, Vinales, Smith.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here