Hasil FP1 MotoGP Austria 2017 : Mendung Naungi Red Bull Ring Di Latihan Bebas Pertama

NontonBolaJo.com – Hasil FP1 MotoGP Austria 2017 : Mendung Naungi Red Bull Ring Di Latihan Bebas Pertama. Hanya satu minggu setelah menuntaskan balapan di Brno, kini para pembalap MotoGP melanjutkan langkah ke seri ke-11 yang diselenggarakan di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, akhir pekan ini. Rangkaian kegiatan MotoGP Austria 2017 dimulai melalui latihan bebas pertama (FP1) hari Jumat (11/8/2017) dan mencapai puncaknya pada balap final di hari Minggu (13/8/2017).

Meskipun hanya bersifat latihan bebas, namun para pembalap wajib mencatatkan waktu terbaiknya andaikan ingin memperbesar peluang untuk melaju secara otomatis ke babak kualifikasi 2 (Q2) untuk perebutan pole position tanpa melewati Q1. Apalagi mengingat ancaman kondisi cuaca yang kurang stabil dalam dua hari pertama aksi Valentino Rossi dkk di sirkuit Red Bull Ring.

“Jika cuacanya akan tidak stabil, sangat penting untuk berada dalam Q2,” tegas peraih runner up klasemen sementara MotoGP 2017, Maverick Vinales, saat konferensi pers jelang dimulainya rangkaian MotoGP Austria tahun ini.

“Sepertinya cuaca akan kurang stabil, jadi sangat penting untuk selalu membuat langkah yang tepat, hanya mencoba meraih setup terbaik untuk hari Minggu,” ujar sang pemuncak klasemen, Marc Marquez.

Seperti prakiraan cuaca, para pembalap MotoGP 2017 disambut awan mendung saat bersiap untuk melakukan aksinya di latihan bebas pertama (FP1). Meskipun demikian, lintasan masih kering hingga FP1 Moto3, yang digelar sebelum FP1 MotoGP, berakhir.

Sering Dilihat:  Hadapi MotoGP Italia 2017, Vinales Bakal Tiru Gaya Balap Lorenzo Di Sirkuit Mugello !

FP1 akan dimulai sesaat lagi. Siapa yang menjadi juara FP1 MotoGP Austria 2017 akhir pekan ini ?

Lampu hijau di FP1. Cuaca berawan dengan suhu lintasan mencapai 21 derajat menyambut para pembalap MotoGP 2017.

Redding sempat menjadi yang tercepat di awal latihan bebas pertama dan bertahan sekitar 10 menit pertama di FP1. Namun kemudian posisinya digeser oleh Valentino Rossi, sebelum kemudian Marquez mulai beraksi dan memimpin hingga 30 menit terakhir di FP1 dengan catatan waktu 1 menit 24,953 detik.

Sepertinya duo pembalap Repsol Honda kini tidak mengalami masalah di Red Bull Ring mengingat aksi kuat Marquez dan Pedrosa dalam latihan bebas pertama. Namun sejumlah pembalap Ducati terus membayangi, termasuk Dovizioso, Redding, Lorenzo, dan Petrucci.

Sebaliknya duo pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Rossi dan Vinales sempat terlihat bergumul hingga pertengahan latihan bebas pertama. Dalam 20 menit perdana FP1, Vinales baru berhasil menempati urutan ke-8 dan Rossi di posisi 11, meskipun sebelumnya sempat sekejap menjadi yang tercepat.

Masih ada 25 menit terakhir di FP1. Sebagian pembalap masih berada di pit. Rossi kembali lebih awal dibandingkan sebagian pembalap lainnya, namun dalam beberapa saat The Doctor belum berhasil memperbaiki catatan waktunya.

Seperti tahun lalu, pembalap Ducati Andrea Dovizioso pun akhirnya berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 24,719 detik. Namun nampaknya tidak semua pembalap Ducati mampu mendominasi catatan waktu di FP1.

Sering Dilihat:  Chelsea vs Qarabag, Tak Gentar Hadapi Ikon Liga Champions !

Marquez, Vinales, Zarco, dan Folger (1 pembalap Honda, 3 pembalap Yamaha) berhasil mengisi urutan tercepat ke-2 hingga ke-5 sampai 8 menit terakhir FP1. Sayangnya, Rossi masih tertinggal di urutan ke-11. Namun masih ada 5 menit terakhir di sesi latihan bebas pertama. Mampukah Rossi memperbaiki catatan waktunya ?

Menit-menit terakhir selalu menjadi waktu yang menegangkan, meskipun di sesi latihan bebas. Dua pembalap Ducati, Dovizioso dan Barbera, bersaing ketat memperebutkan gelar pembalap tercepat di FP1. Sedangkan posisi Marquez semakin merosot.

Akhirnya Hector Barbera berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 24,631. Diikuti Dovizioso dan Pedrosa di urutan 2 dan 3.

Hasil FP1 MotoGP Austria 2017 : Barbera (1’24,631), Dovizioso (+0,088), Pedrosa, Vinales, Marquez, Zarco, Petrucci, Redding, Lorenzo, Crutchlow mengisi urutan 10 besar. Rossi mengakhiri FP1 di posisi 12.

Sekedar informasi, Dovizioso sebenarnya berhasil melewati catatan waktu Barbera. Namun akhirnya Barbera berhasil menjadi yang tercepat karena Dovizioso melanggar limit trek.

Selanjutnya para pembalap MotoGP akan mengikuti FP2 MotoGP Austria 2017 malam ini, Jumat (11/8/2017), mulai pukul 19:03 WIB di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.