Hampir Kalah, Timnas U-16 Indonesia Sukses Rebut 1 Poin Di Piala AFF U-15 2017

Timnas U16 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas U-16 Indonesia menghadapi Myanmar dalam laga perdana di kejuaraan Piala AFF U-15 2017. Bertempat di Chonburi Campus Stadium 2, Chonburi, Thailand, skuad Garuda Asia berhasil merebut 1 poin dengan bermain imbang bersama Myanmar pada Minggu sore (9/7/2017).

Tim asuhan Fakhri Husaini tampil penuh percaya diri dan berhasil unggul lebih dahulu lewat gol cepat dari Rendy Juliansyah di menit ke-3 babak pertama. Penyerang bernomor punggung 9 tersebut sukses memanfaatkan tendangan sudut David Maulana di sisi kiri pertahanan Myanmar dan mensontek bola langsung ke gawang lawan.

Peluang gol kedua diperoleh Rendy di menit ke-24 saat dirinya berhadapan satu lawan satu dengan kiper Myanmar. Sayangnya, tembakan Rendy sedikit melebar ke sisi kanan gawang. Bahkan lima menit kemudian Myanmar berhasil menyamakan kedudukan melalui hadiah penalti yang diberikan wasit setelah Reza Fauzan melakukan tekel terhadap pemain lawan di dalam kotak penalti.

Naung Naung Soe tidak melewatkan peluang tersebut dan mengeksekusi penalti dengan sempurna. Skor imbang 1-1 tidak bertahan lama setelah dua menit kemudian pemain Myanmar, La Ming Htwe berhasil menyematkan bola ke gawang Indonesia tanpa terhalau kiper Ahludz Dzikri Fikri. Babak pertama pun ditutup dengan skor 1-2 untuk keunggulan Myanmar.

Memasuki babak kedua, Fakhri langsung melakukan perubahan strategi. Salah satunya dengan menurunkan Amirudin Bagus untuk memperkuat serangan. Tekanan demi tekanan terus dilakukan tim Garuda Asia di sepanjang babak kedua.

Akhirnya tepat di menit terakhir injury time, Miftahul Husyen berhasil mengoyak gawak Myanmar lewat sepakan akurat yang tak terbendung. Skor akhir laga antara Timnas U-16 Indonesia vs Myanmar menjadi imbang 2-2.

Dengan demikian masing-masing tim berbagi 1 poin sama rata di pertandingan ini. Sedangkan di lapangan lain, tim Thailand berhasil menaklukkan sang juara bertahan, Australia dengan skor 2-1. Sementara pertandingan antara Laos vs Singapura belum berakhir.

“Hasil ini cukup pantas buat kami dengan cara bermain seperti tadi, di mana kami banyak melakukan kesalahan terutama di babak pertama. Pelanggaran-pelanggaran yang tidak perlu dilakukan. Kami juga sering kehilangan bola,” komentar Fakhri pasca pertandingan sehubungan performa tim asuhannya.

“Gol Husyen pada menit akhir menurut saya karena kami beruntung. Mendapat satu poin, saya katakan kami beruntung di dalam pertandingan ini. Saya memasukan Husyen karena sudah dalam posisi tertinggal. Saya harus masukan sumber daya yang ada dan pemain depan harus maksimal. Masuknya Husyen ikut membuat perubahan dalam tim.

“Tentu kami akan melakukan evaluasi. Banyak catatan dan perlu diperbaiki untuk laga melawan Thailand,” tegasnya.

Berdasarkan dua laga pembuka di Grup A, Timnas Indonesia kini berada di urutan ke-3 di klasemen sementara. Thailand dan Myanmar menempati posisi 1 dan 2, sedangkan Australia berada di posisi juru kunci. Sekedar informasi, dalam kejuaraan Piala AFF U-15 ini hanya dua tim teratas di klasemen sementara yang berhak lolos ke babak semi final yang akan berlangsung pada tanggal 20 Juli 2017 mendatang.

Selanjutnya, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi sang tuan rumah, Thailand, di game kedua Grup A. Pertandingan antara Indonesia vs Thailand akan berlangsung hari Selasa (11/7/2017) di Chonburi Campus Stadium 1 , kick-off pukul 18:30 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here