Hadapi Piala AFF U-18 Di Myanmar, Indra Sjafri Siapkan 23 Pemain Timnas U-19 Indonesia

NontonBolaJo.com – Setelah Timnas U-22 Indonesia menuntaskan perjuangan di ajang SEA Games 2017, kini giliran Timnas U-19 Indonesia yang siap berlaga di Piala AFF U-18 2017. Edisi ke-14 dari Kejuaraan AFF U-19 tersebut akan digelar di Myanmar mulai tanggal 4-17 September 2017.

Di Piala AFF U-18 tahun ini, Timnas U-19 Indonesia berada di Grup B bersama tim tuan rumah, Myanmar, Vietnam, Filipina, dan Brunei. Seharusnya ada 6 tim yang tergabung di grup ini, namun di menit-menit terakhir Selandia Baru memutuskan untuk mengundurkan diri dari turnamen. Belum ada penjelasan resmi mengenai pengunduran diri tersebut, namun menurut kabar dari beberapa media, alasan utamanya adalah untuk fokus pada Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan bulan Oktober di India.

Akibatnya, skuad Garuda Nusantara yang seyogyanya akan mengawali perjuangan di AFF U-18 ini dengan menghadapi Selandia Baru kini dijadwalkan menghadapi tim tuan rumah di laga perdana. Pertandingan antara Indonesia vs Myanmar rencananya akan digelar pada tanggal 5 September 2017 di stadion Thuwana.

Agar berkesempatan meraih gelar juara Piala AFF U-18, Timnas U-19 Indonesia setidaknya harus menjadi salah satu diantara dua posisi teratas di klasemen Grup B sehingga dapat lolos ke babak semi final. Untuk itu, coach Indra telah mengadakan pemusatan latihan (Training Center / TC) serta beberapa laga uji coba. Setelah TC di Yogyakarta, skuad Garuda Nusantara melanjutkan dengan pemusatan latihan di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci.

Sering Dilihat:  Jadwal SEA Games, Prediksi Skor Indonesia vs Thailand 15 Agustus 2017

“Kami akan latihan sepekan di Karawaci. Saat ini fokus kita adalah menjaga kondisi serta sentuhan yang sudah kami dapatkan, terutama mematangkan bagaimana taktikal kami. Mulai besok, kami sudah mulai merancang untuk bagaimana melawan Myanmar,” tutur coach Indra pasca latihan hari Senin sore (28/8/2017).

“Kami sudah menganalisa bagaimana video dari mereka. Yang paling fokus sekarang tentu untuk pertandingan pertama, karena bagaimana pun pertandingan pertama adalah penting untuk pertandingan selanjutnya,” imbuhnya.

Timnas U-19 Indonesia

Sebelumnya, telah terpilih 28 pemain yang mengikuti TC. Namun pekan lalu coach Indra telah memulangkan 3 pemain, yakni Ahmad Saeful Hidayat, Teuku Noer Fadhil, dan Jadug Arya Aragani. Kemudian pelatih yang sukses membawa Indonesia menjadi juara di Piala AFF U-19 2013 ini juga memutuskan untuk memulangkan dua pemain lainnya, yakni striker Deka M Toha dan gelandang Adha Nurrokhim.

“Dua pemain yakni Adha dan Deka kami pulangkan. Hal ini karena regulasi yang menentukan bahwa kami hanya boleh membawah 23 pemain di Piala AFF. Jadi bukan mereka tidak bagus,” jelas Indra.

Berikut 23 pemain Timnas U-19 Indonesia yang tengah menjalani pemusatan latihan persiapan AFF U-18 tahun 2017 :

Kiper : Muhammad Riyandi, Gianluca P. Rossy, Aqil Savik

Sering Dilihat:  Siaran Langsung SCTV - LIVE Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste, Kualifikasi Piala Asia U-19 2018

Belakang : M. Rifad Marasabessy, Dedi Tri Maulana, Rachmat Irianto, Julyano Pratama Nono, Kadek Raditya, Firza Andika, Irsan Lestaluhu, Samuel Christianson, Nurhidayat Haris

Tengah : Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Resky Fandi Witriawan, Muhammad Iqbal, Feby Eka Putra, Jefry Hendry Bisai, Aulia Hidayat, Egy Maulana Vikri, M Lutfi Kamal

Striker : Hanis Saghara Putra, M. Rafli Mursalim.

Mantan pelatih Bali United tersebut juga masih menunggu 2 pemain yang saat ini masih membela Timnas U-22 Indonesia di ajang SEA Games 2017, yakni Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam. Selain itu, kelima pemain yang dipulangkan pun berpeluang kembali dipanggil untuk persiapan kualifikasi Piala Asia U-19 yang akan berlangsung bulan Oktober 2017 di Korea Selatan.

“Mereka yang kami pulangkan berpeluang kita panggil lagi untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 yang berlangsung akhir Oktober mendatang di Korea Selatan. Kami pun masih menunggu Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam yang masih membela Timnas U-22 di SEA Games,” kata Indra.

Menurut jadwal fase Grup B, setelah menghadapi Myanmar Indonesia akan berturut-turut menghadapi Filipina, Vietnam, dan Brunei untuk memperjuangkan dua spot teratas di klasemen sementara agar dapat lolos ke semi final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.