Hadapi Jadwal Piala AFF 2017, Gelandang Timnas U-16 Indonesia Alami Cedera

Timnas U-16 Indonesia

NontonBolaJo.com – Timnas Indonesia U-16 terus melakukan persiapan menjelang jadwal Piala AFF U-15 2017. Kemenangan telak dengan total skor 10-0 pun dikantongi skuad Garuda Asia dalam laga uji coba yang berlangsung hari Selasa (4/7/2017), di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, menghadapi Bina Mutiara dan Askot Persija Jakarta U-16. Namun sayangnya, laga uji coba tersebut berujung dengan cederanya gelandang Timnas U-16, Hamsa Lestaluhu.

Dalam pertandingan melawan Askot Persija Jakarta U-16, Hamsa terpaksa ditarik keluar lapangan dan mendapat perawatan di pinggir lapangan sebelum permainan berdurasi 45 menit tersebut berakhir. Menurut dokter Timnas Indonesia U-16, Alvan Nur Ahsyar, cedera lutut yang dialami Hamsa tidak terlalu parah. Prediksinya, Hamsa hanya membutuhkan satu atau dua hari perawatan untuk memulihkan cederanya.

“Tadi dia langsung dibawa ke mess. Kalau sekarang dia sudah bisa berjalan setelah mendapat terapi. Tidak terlalu parah cederanya. Hamsa hanya butuh satu atau dua hari perawatan,” ujar sang dokter, seperti dilansir melalui Liputan 6 (4/7/2017).

Sehubungan dengan kejadian ini, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, memastikan bahwa cedera dalam sebuah pertandingan sepak bola adalah hal biasa dan tidak perlu menyalahkan permainan tim lawan.

“Inilah sepak bola, saya ga bisa bicara ke pelatih lawan untuk main santun, ketika wasit meniup peluit tanda pertandingan mulai, mereka harus sudah siap. Hamsa cedera bukan karena Persija. Lawan main bagus, berani menekan kami, tak ada niat mencederai pemain kami,” jelas Fakhri.

Yang pasti, Fakhri akan memantau kondisi pesepakbola asal Tulehu tersebut selama dua hari ke depan sebelum keberangkatan ke Thailand untuk menghadapi kompetisi Piala AFF U-15 2017. Andaikan pemain terbaik versi turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 tersebut tidak pulih tepat waktu, maka Fakhri akan menyiapkan alternatif penggantinya.

“Saya harus menyiapkan alternatif pemain (andaikan Hamsa tidak pulih). Kita punya 27 pemain, semuanya harus siap,” tandasnya.

Rencananya, 23 pemain Timnas U-16 Indonesia akan berangkat pada tanggal 7 Juni 2017. Tim Garuda Asia akan tergabung dalam Grup A bersama dengan tuan rumah, Thailand, juara AFF Smart U-16 Championship 2016, Australia, serta tiga timnas lainnya yakni Laos, Myanmar, dan Singapura. Di pertandingan perdana, digelar laga antara Myanmar vs Indonesia pada hari Minggu, 9 Juli 2017, kick off pukul 19:30 WIB di Princess Sirindhorn Stadium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here