Google Maps Hadirkan Fitur Kirim Pesan Untuk Bisnis

Google memperkenalkan fitur baru untuk Google Maps, yakni fitur berkirim pesan bisnis melalui Profil Bisnis Anda di Google. Kehadiran fitur ini diumumkan Google melalui blog-nya pada hari Rabu 14 November 2018.

“Kini Anda akan melihat berbagai pesan bersama bisnis yang terhubung melalui Profil Bisnis di aplikasi Google Maps, tempat dimana Anda telah mencari berbagai hal untuk dilakukan dan tempat berkunjung atau toko,” demikian penjelasan dari Aditya Tendulkar, Product Manager Google, via blog.

“Anda akan menemukan pesan-pesan ini di menu samping untuk kedua Google Maps untuk Android dan iOS. Dengan pesan-pesan tersebut di Maps, Anda tidak perlu lagi kuatir akan secara tak sengaja mengirimkan ‘Aku cinta padamu, ibu’ ke toko sepatu dimana Anda sering berkirim pesan,” tambahnya.

Sering Dilihat:  Cek Saldo E-Toll di HP Android? Coba Pakai 5 Aplikasi Ini

Pesan bisnis tersebut menjadi cara cepat untuk menghubungi sebuah toko atau restoran, baik untuk sekedar bertanya maupun melakukan pemesanan. Tombol ‘Pesan’ akan hadir pada Google Maps untuk Android dan iOS, dilengkapi sebuah kotak (inbox) untuk menampilkan perbincangan terkait bisnis tersebut.

Fitur pesan Google Maps

“Saat ini diluncurkan, pengguna Google di negara lain di seluruh dunia akan dapat mengirim pesan dengan bisnis untuk pertamakalinya. Jadi dimanapun Anda berada, selama bisnis lokal telah mengaktifkan pesan, Anda akan dapat terhubung dengan mereka dalam sebuah ketukan.

“Cukup mencari tombol ‘Pesan’ di Profil Bisnis di Google Search dan Maps,” tulisnya.

Sementara itu, bagi pebisnis yang ingin berpartisipasi menikmati fitur baru dari Google Maps ini akan membutuhkan sistem verifikasi Google’s My Business dan aplikasi terkait untuk mengirim dan menerima pesan.

Sering Dilihat:  Instagram Bantu Bersihkan Akun Pengguna Dari 'Pengikut Palsu'

“Bisnis yang ingin menerima pesan dari pelanggan dapat menginstal aplikasi Google My Business yang baru dari Google Play atau App Store untuk mendaftar dan mengaktifkan pesan. Aplikasi Google My Business baru ini mempermudah pebisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka secara real-time dan dimanapun,” Tendulkar menjelaskan.

Toko atau restoran yang memiliki Profil Bisnis bersama Google akan dilengkapi sebuah tombol ‘Pesan’ baru dalam daftar, di deretan ikon ‘Panggilan’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.