Google Hapus 13 Aplikasi Game Berbahaya Dari Play Store

Google telah menghapus 13 aplikasi berbahaya yang menyamar seperti game. Tindakan ini dilakukan setelah peneliti keamanan ESET, Lukas Stefanko, menemukan bahwa ke-13 aplikasi tersebut sebenarnya menginstal malware di perangkat Android.

Per tanggal 19 November 2018, lewat akun Twitter miliknya, Stefanko memperingati pengguna Android untuk tidak mengunduh 13 aplikasi berbahaya. Dua diantaranya termasuk aplikasi yang trending di Google Play Store.

“Jangan instal aplikasi-aplikasi ini dari Google Play – itu malware,” tweet Stefanko, disertai rincian dan foto aplikasi yang dimaksud.

Baca juga: Google Maps Hadirkan Fitur Kirim Pesan Untuk Bisnis

Sering Dilihat:  Facebook Perkenalkan Fitur Unsend, Hapus Pesan Sebelum 10 Menit

Secara total, gabungan ke-13 aplikasi tersebut telah diunduh sebanyak 580 ribu kali sebelum pihak Google menyingkirkannya.

Siapapun yang men-download aplikasi-aplikasi tersebut mengira dapat bermain game seputar mobil atau truk. Namun nyatanya, aplikasi tersebut akan crash setiap kali dibuka.

Menurut Tech Crunch, aplikasi ini ternyata mengunduh muatan tertentu dari domain lain dan menginstal malware di belakang layar, serta dalam prosesnya akan menghapus ikon aplikasi tersebut.

Belum diketahui secara pasti apa yang disasar aplikasi berbahaya tersebut. Yang jelas, malware ini cukup gigih, akan diluncurkan setiap kali ponsel atau tablet Android diaktifkan dan memiliki akses sepenuhnya ke lalu lintas jaringan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pembuat malware untuk mencuri rahasia.

Sering Dilihat:  3 Fitur Baru Di Instagram Permudah Kegiatan Belanja Akhir Tahun

Juru bicara Google, Scott Westover, mengkonfirmasi bahwa ke-13 aplikasi yang terdaftar atas nama satu developer, Luiz O Pinto, tersebut merupakan aplikasi yang ‘telah melanggar ketentuan kami dan telah dihapus dari Play Store’.

Ini bukanlah pertama kali Google menghapus aplikasi berbahaya dari Store-nya. Tahun lalu, Google telah menghapus lebih dari 700 ribu aplikasi berbahaya dan telah berusaha meningkatkan sistem-nya untuk mencegah aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut masuk dalam Play Store.

Sedangkan bagi pengguna Android, sebaiknya lebih berhati-hati mengunduh aplikasi yang ditawarkan dari developer yang tidak dikenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.