Geliat Piala Indonesia 2018, Ini Jadwal Drawingnya

Piala Indonesia 2018

Jadwal Drawing Piala Dunia 2018. Sebanyak 128 klub siap mengikuti kompetisi Piala Indonesia 2018 yang dijadwalkan akan dimulai lewat proses drawing pada hari Kamis 3 Mei 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, bertepatan dengan laga final PSSI Anniversary Cup tahun ini.

Piala Indonesia (Indonesian Cup), awalnya dikenal dengan nama Copa Indonesia, seyogyanya menjadi kompetisi tahunan yang dapat diikuti oleh seluruh klub sepak bola lintas divisi di Indonesia.

Kompetisi tersebut, yang sempat vakum sekitar enam tahun setelah terakhir digelar tahun 2012 dengan Persibo Bojonegoro sebagai juaranya, kini kembali diaktifkan oleh PSSI di tahun 2018 dengan bertajuk ‘Everyone Can Play’ dan dijadwalkan mulai digelar mulai bulan Mei 2018.

Format Kompetisi Piala Indonesia 2018

Piala Indonesia 2018 akan berlangsung dalam sistem gugur dengan tahapan babak 128 besar, 64 besar, 32 besar, 16 besar, 8 besar, semi final, hingga mencapai puncaknya di babak final.

“Untuk skema Piala Indonesia adalah babak 128 besar, 64 besar, 32 besar, delapan besar, semifinal dan final. Nanti PSSI akan menggelar proses drawing pada 3 Mei mendatang di Stadion Pakansari, Cibinong sekaligus bertepatan dengan laga final PSSI Anniversary Cup 2018,” jelas Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dikutip dari laman PSSI.

Babak 128 besar hingga 64 besar akan digelar dengan format satu kali pertandingan, namun memasuki babak 32 besar tim akan mulai beraksi dengan sistem dua leg alias kandang-tandang.

Target Besar Piala Indonesia 2018

Tidak hanya menjadi kompetisi yang dapat dicicipi semua klub lintas divisi, PSSI juga mengungkapkan target besar yang ingin dicapainya lewat turnamen Piala Indonesia, yakni untuk bisa menjadi salah satu jalur alternatif bagi klub untuk menuju Piala AFC.

“PSSI berkeinginan juara Piala Indonesia mewakili Indonesia di Piala AFC. Ini akan kami usulkan ke AFC. PSSI punya ilustrasi tentang Piala Indonesia dan akan kami sampaikan pada 3 Mei 2018, di mana akhir dari kompetisi ini adalah Desember 2018 atau Januari 2019,” ungkap Joko Driyono.

“Ini yang menjadi masalah karena keterkaitan dengan registrasi di AFC. Mereka memiliki waktu di akhir tahun nanti untuk pendaftaran klub-klub yang akan berpartisipasi di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Jadi kami akan upayakan lebih dulu,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here