Ernesto Valverde: Menang Di El Clasico Bukan Jaminan Gelar!

NontonBolaJo.com – Duel El Clasico perdana di La Liga Spanyol 2017/2018 antara Real Madrid vs Barcelona yang akan digelar pada Sabtu 23 Desember 2017 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, dipastikan mencuri perhatian dari pencinta sepak bola mancanegara. Namun Ernesto Valverde menjelaskan bahwa kemenangan di El Clasico bukanlah jaminan gelar bagi Blaugrana.

Kemenangan telak yang ditorehkan Barca atas Deportivo La Coruna dengan skor 4-0 menjadi ‘intro’ yang bagus jelang kunjungan ke Madrid di pekan 17 La Liga. Tiga poin yang dibukukan Lionel Messi dkk dalam laga Senin (18/12/2017) dini hari WIB tersebut membuat Barcelona kokoh di puncak klasemen dengan selisih 6 poin penuh dari Atletico Madrid yang berada di posisi runner up, atau 11 poin dari Real Madrid yang belum menuntaskan laga pekan ke-16.

Namun tidak hanya Barcelona, Real Madrid juga menyambut Barca dengan keyakinan tinggi setelah berhasil merebut trofi ketiganya di musim ini dengan menaklukkan klub asal Brasil Gremio di babak final FIFA Club World Cup 2017. Kesuksesan tersebut lagi-lagi membuat Madrid menorehkan rekor sebagai tim pertama yang berhasil meraih 2 kemenangan Piala Dunia Antarklub secara beruntun.

Selanjutnya, pertemuan antara dua ‘rival sejati’ Real Madrid vs Barcelona berpeluang untuk mengubah situasi di klasemen sementara La Liga. Los Blancos dapat memangkas jeda poin dari Barca dengan kemenangan, sebaliknya Barcelona bisa menciptakan jarak yang lebih lebar lagi dari Madrid andaikan berhasil merebut tiga poin dalam kunjungannya ke Bernabeu.

Sering Dilihat:  Prediksi Juara Dunia MotoGP 2018 A la Valentino Rossi, Marc Marquez, Dan Andrea Dovizioso

Meskipun berpeluang untuk meninggalkan Real Madrid hingga 14 poin lewat kemenangan di El Clasico, namun Valverde menyadari bahwa hal tersebut bukanlah jaminan untuk dapat meraih gelar juara La Liga musim ini.

“Saya tidak berpikir sebuah kemenangan Clasico akan memberikan kami gelar. Atletico hanya enam poin di belakang. Dapatkah menang (gelar) di Bernabeu? Tidak ada seorangpun dapat memenangkan liga di tahap ini,” tegas Valverde, Senin (18/12/2017), seperti dilansir dari Express.

“Penting untuk menang, tidak hanya untuk tiga poin namun juga untuk melangkah ke pertandingan selanjutnya dengan perasaan yang baik. El Clasico akan menjadi pertandingan melawan rival yang tangguh.

“Apa yang kami ketahui adalah ini sebuah kompetisi yang panjang, tidak ada yang akan memutuskan apapun di titik ini. Kami akan mempersiapkannya dengan sangat baik,” pungkasnya.

Meskipun ini adalah laga El Clasico perdana di kompetisi La Liga Spanyol, namun sebenarnya ini adalah pertemuan head to head ketiga antara Real Madrid vs Barcelona dalam laga yang bersifat kompetitif. Sebelumnya, di Supercopa de Espana, Madrid menang telak atas Barca dalam laga sistem dua leg yang digelar pertengahan Agustus 2017.

Sering Dilihat:  Klasemen Liga Champion 2017 : Persaingan Ketat Real Madrid vs Tottenham

Ketika itu Barcelona, yang tengah terguncang setelah ditinggalkan Neymar yang memilih bergabung dengan Paris Saint-Germain, babak belur dikalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 di leg pertama dan 2-0 di leg kedua. Satu-satunya gol Barca dicetak oleh Lionel Messi lewat tendangan penalti, sedangkan lima gol Madrid dicetak oleh Gerard Pique (gol bunuh diri), Cristiano Ronaldo, Marco Asensio (2 gol), serta Karim Benzema.

Sejumlah ‘drama’ terjadi dalam dua leg El Clasico yang membuat Madrid berhasil meraih trofi Supercopa de Espana tahun ini tersebut. Ronaldo diganjar kartu merah di leg pertama hingga harus absen dalam beberapa pertandingan perdana Liga Spanyol, sementara Luis Suarez sempat cedera cukup parah di bagian lutut saat beraksi di leg kedua El Clasico bulan Agustus silam.

Jadwal El Clasico perdana di pekan 17 Liga Spanyol akan berlangsung pada hari Sabtu 23 Desember 2017 malam WIB di Santiago Bernabeu, mulai kick-off pukul 19:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.