Dovizioso Juara Race MotoGP Italia 2017, Rossi Gagal Naik Podium

Andrea Dovizioso

NontonBolaJo.com – Balap final MotoGP Italia 2017 berlangsung dengan sangat ketat. Empat pembalap terdepan saling menempel ketat di final race yang berlangsung di sirkuit Mugello pada hari Minggu malam (4/6/2017). Namun akhirnya, Andrea Dovizioso berhasil menjadi pemenangnya.

Kemenangan yang cukup mengejutkan bagi Dovizioso mengingat pada pagi harinya pembalap Ducati ini mengalami gangguan pencernaan yang menyebabkan dirinya nyaris tidak mengikuti sesi pemanasan (Warm Up). Dovi sendiri mengakui bahwa hari kemenangannya merupakan hari yang aneh.

“Hari yang sangat aneh buat saya, yang paling aneh adalah kemenangannya. Sedetik saat saya terbangun di pukul 4 dan saya sakit. Saya tidak memiliki energi, kami tidak melakukan pemanasan – untungnya kami tidak perlu mencoba sesuatu (dengan motor balapnya) karena situasi kami sangat bagus.

“Saya tidak memiliki energi sebelum balapan, saya kuatir tentang itu, saya kuatir kehilangan energi selama balapan. Namun kenyataannya saya mampu balapan dengan cepat di jalan yang mulus, itu bagi kami membuat perbedaan besar selama balapan, untuk tetap berada di belakang Maverick (Vinales),” tutur Dovizioso seperti dilansir dari Auto Sport (4/6/2017).

“Sepuluh lap terakhir saya memutuskan untuk menyalip dia namun tanpa strategi, saya katakan ‘ah, kami berempat, lebih baik jika berada di depan dan lihatlah kemudian’. Dan setelah saya menyadari tidak ada yang memiliki margin untuk menjadi lebih cepat, saya fokus pada ritme saya, kecepatan saya,” ujarnya.

Bahkan Dovizioso mengakui awalnya tidak memiliki target untuk menjadi juara di MotoGP Italia. Namun setelah melakukan latihan bebas, rekan Jorge Lorenzo di tim Ducati tersebut menyadari peluang yang ada.

“Pastinya, gagasan saya adalah bukan untuk menang. Namun sejak latihan bebas pertama kami menampilkan kecepatan yang bagus. Kapan saya menyadari sebuah peluang untuk bertarung ? Itu adalah di FP4 kemarin,” jelas Dovizioso.

Sebaliknya, Valentino Rossi yang sempat memimpin barisan di awal berlangsungnya final race perlahan-lahan mulai melambat hingga berakhir di urutan keempat. Rossi, yang sebenarnya mentargetkan gelar juara saat balapan di tanah kelahirannya, mengakui bahwa dirinya tidak memiliki cukup energi saat balap final berlangsung akibat cedera yang dialami saat berlatih motocross.

Akhirnya, posisi Top 3 MotoGP Italia 2017 diraih oleh Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Danilo Petrucci. Dengan hasil ini, Vinales tetap berada di puncak klasemen sementara dengan meraih 105 poin, diikuti Dovizioso (79 poin) dan Rossi (75 poin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here