Dovizioso Juara MotoGP Spanyol 2017, Rossi Merosot Dua Tingkat Di Klasemen

Hasil FP2 MotoGP Sepang Malaysia 2017

NontonBolaJo.com – Andrea Dovizioso kembali menjadi juara dalam seri ke-7 MotoGP 2017 di sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Pembalap Ducati tersebut berhasil mengalahkan duo pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yang berturut-turut menempati peringkat 2 dan 3.

Mengawali balap final MotoGP Spanyol 2017 yang digelar malam ini, Minggu (11/6/2017), dari posisi ke-7 tidak menghalangi Dovizioso untuk menjadi juara. Dengan demikian, Dovizioso menjadi pembalap kedua, setelah Maverick Vinales, yang berhasil memenangkan dua seri balap di musim ini secara beruntun.

Selain itu, Dovizioso pun menjadi pembalap Ducati pertama yang berhasil menang di Barcelona, sejak kemenangan Casey Stoner di tahun 2007. Meskipun demikian, seperti di Mugello Dovizioso juga tidak menyangka dapat memenangkan balap final di sirkuit Barcelona-Catalunya malam ini.

“Sebelum Mugello tidak ada yang menyangka. Mugello adalah sesuatu namun pastinya kami tidak mengharapkan di sini, disaat semuanya mengawali tanpa memperoleh grip,” tutur Dovizioso pasca final race.

“Sepuluh lap terakhir saya mencoba untuk memacu (motor balap), namun saya sadar bahwa ban belakang saya sudah selesai… ini perasaan yang aneh karena saya menang tanpa berjuang 100%. Saya sangat santai, saya mengerti motornya, saya tahu positif dan negatif dari motornya,” jelasnya.

Di awal balapan, Jorge Lorenzo langsung melesat cepat meninggalkan Pedrosa di tikungan 5 dan memimpin barisan. Namun pembalap Ducati ini akhirnya merosot ke posisi 6 dalam beberapa lap awal dan mulai digantikan oleh Marquez, yang sempat ‘disenggol’ Danilo Petrucci saat start.

Pedrosa pun terus mengikuti Marquez, sebelum kemudian Lorenzo dilewati oleh rekannya, Dovizioso, di tikungan 14. Kemudian pembalap Tech 3 Yamaha, Jonas Folger, dan Pramac Ducati, Petrucci, mulai membayangi.

Dovizioso mulai melewati Marquez di lap ke-8, mengambil alih posisi kedua dan mulai menjauhi sang Juara Dunia MotoGP 2016. Kemudian Dovizioso pun berhasil melewati Pedrosa sejak lap ke-17. Selanjutnya giliran Marquez yang melewati Pedrosa di tikungan 4.

Awalnya, Marquez terus membayangi Dovizioso. Namun pada 5 lap terakhir Dovi berhasil memimpin dengan jarak waktu lebih dari 1 detik dan mengamankan posisinya sebagai pembalap tercepat hingga akhir final race. Marquez menempati posisi runner up, disusul oleh Pedrosa.

Lorenzo, Johann Zarco, Jonas Folger, Alvaro Bautista, Rossi, Hector Barbera, dan Vinales mengisi posisi 4 hingga 10. Namun ada 3 pembalap yang tidak berhasil menyelesaikan balap final. Aleix Espargaro mengalami masalah pada motor balapnya yang berasap, sementara Jack Miller dan Danilo Petrucci mengalami crash. Keduanya terjatuh di tempat yang sama, di tikungan 5.

Meskipun meraih 25 poin penuh, namun pembalap asal Italia tersebut belum berhasil merebut posisi puncak klasemen dari tangan Vinales, yang dalam balap final ini berakhir di posisi ke-10 dan berhasil menambahkan 6 poin ke pundi-pundinya. Rekan Valentino Rossi di tim Movistar Yamaha MotoGP tersebut masih menduduki puncak klasemen dengan total 111 poin, selisih 7 poin lebih tinggi dari Dovi.

Sementara itu, dengan menjadi juara kedua dan ketiga, Marquez dan Pedrosa masing-masing berhasil menambahkan 20 poin dan 16 poin sehingga sukses menggeser Rossi dari posisi ketiga di klasemen. Dengan total 88 poin, sang Baby Alien kini berada di peringkat ketiga, sedangkan Pedrosa di urutan ke-4 dengan mengoleksi total 84 poin.

Rossi, yang mengakhiri balap di urutan ke-8, kini berada di urutan ke-5 dalam klasemen sementara MotoGP 2017 dengan perolehan 83 poin. Kemudian Zarco diurutan ke-6 dengan total 75 poin, diikuti Lorenzo di peringkat 7 dengan total 59 poin.

Selanjutnya, seri ke-8 MotoGP 2017 akan digelar pada tanggal 23 Juni hingga 25 Juni 2017 di sirkuit Assen, Belanda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here