Dibantu Cuaca, Poin Klasemen MotoGP Marquez Jauhi Vinales

NontonBolaJo.com – Marc Marquez berhasil menjadi juara pertama di MotoGP Ceko 2017. Namun tidak dapat dipungkiri, faktor cuaca sedikit banyak membantu Marquez untuk menjauhi posisi Maverick Vinales di klasemen sementara MotoGP 2017.

Seperti yang telah didengungkan Valentino Rossi sebelumnya, prakiraan cuaca di sirkuit Brno pada hari Minggu (6/8/2017) kurang bersahabat. Rintik hujan yang masih turun jelang dimulainya balap final membuat balapan dinyatakan dalam kondisi basah.

Hal tersebut memicu keputusan Marquez untuk memilih ban ‘soft wet’ yang ternyata menjadi bencana sejak lap perdana di sirkuit Brno. Meskipun berhasil start dengan sempurna, posisi terdepan dapat direbut Lorenzo dengan mudah di tikungan ke-5. Selanjutnya, pembalap asal Spanyol tersebut terus terdesak hingga ke urutan 10 dan memutuskan untuk mengganti motor balapnya.

Keputusan Marquez tersebut ternyata sangat tepat, bahkan membuatnya berhasil meraup 25 poin penuh di seri ke-10 MotoGP 2017 ini. “Pagi ini (sesi warm up) bersama ban belakang versi hard saya tidak mendapatkan rasa yang sangat baik untuk sejumlah alasah. Saya katakan, ‘gunakan soft’, namun kemudian kami memulai balapan, saya sadar itu pilihan yang salah.

Sering Dilihat:  Nuansa Duka Di MotoGP Ceko 2017, Pembalap Legendaris Angel Nieto Tutup Usia

“Ketika saya melihat bahwa lintasan mulai mengering saya katakan, ‘ini waktu saya, flag ke flag, saya akan mencoba menyerang’, dan saya masuk ke pit sangat sangat awal karena (lintasan) itu masih basah.

“Di lap pertama dan kedua (setelah pit) saya nyaris crash berkali-kali, namun saya berusaha tetap di motor dan kemudian mencoba memacunya. Ketika saya melihat ‘P1, +22’ (di pit board) itu adalah balapan lainnya dan saya hanya mencoba mengontrol jarak,” Marquez menceritakan pengalamannya di sirkuit Brno.

Sama seperti Marquez, Vinales pun berjuang dari bawah setelah mengganti motor balapnya. Dari posisi ke-11, Vinales merangkak naik terus ke atas hingga akhirnya berhasil mencapai posisi ke-3 di lap 15. Dengan demikian, Vinales berhasil mendapatkan 16 poin untuk menjaga asa memperebutkan gelar juara dunia musim ini.

Sering Dilihat:  Timnas Indonesia Siap Tantang Kamboja Dan Puerto Rico, Luis Milla Padukan Garuda Senior Dan U22

Baca juga: Live Race GP Ceko – Hasil Klasemen Usai Motogp Brno 2017 Terbaru.

Benar bahwa Vinales masih berhasil mempertahankan posisinya di urutan kedua dalam klasemen sementara MotoGP 2017. Namun, Marquez secara perlahan mulai menjaga jarak, menjauhi Vinales dengan selisih 14 poin lebih unggul.

Hasil balapan di sirkuit Brno pun tidak mengubah posisi 5 pembalap teratas di klasemen sementara MotoGP 2017. Setelah Vinales, Andrea Dovizioso (133 pt), Rossi (132 pt), dan Dani Pedrosa (123 pt) saling mengejar di urutan ke-3, ke-4, dan ke-5.

Lihat juga hasil lengkap klasemen sementara motogp 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.