Di Tes Resmi MotoGP Buriram Thailand 2018, Hafizh Syahrin Gantikan Jonas Folger

Pembalap MotoGP asal Malaysia, Hafizh Syahrin

NontonBolaJo.com – Hafizh Syahrin akan bergabung bersama tim Monster Yamaha Tech3 dalam ajang tes resmi MotoGP 2018 di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, pada tanggal 16 Februari hingga 18 Februari 2018 mendatang. Pembalap asal Malaysia tersebut akan mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Jonas Folger akibat masalah kesehatannya.

Keputusan Folger untuk absen dari MotoGP musim ini yang baru dikonfirmasi bulan Januari silam membuat tim Monster Yamaha Tech3 cukup kesulitan untuk mencari penggantinya. Pada tes resmi MotoGP Sepang 2018 yang digelar bulan lalu, Yonny Hernandez sempat mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Folger, namun pembalap asal Kolombia tersebut telah memiliki kontrak untuk beraksi di World Superbike Championship bersama Pedercini.

Selanjutnya, nama pembalap Moto2 yang mengakhiri musim lalu di peringkat ke-10, Hafizh Syahrin, mencuat sebagai kandidat kuat untuk menjadi pendamping Johann Zarco dalam MotoGP 2018. Pembalap berusia 23 tahun yang telah menarik diri dari kesepakatan Moto2 di tahun 2018 ini akan mencicipi mesin motor balap Yamaha Tech3 YZR-M1 untuk pertama kali melalui perhelatan uji resmi di venue teranyar MotoGP, Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand.

“Seiring tiga hari uji coba yang seru di lokasi teranyar dari kategori MotoGP, tim Monster Yamaha Tech3, bersama mitranya, akan mengevaluasi performa pendatang baru (Syahrin) untuk memutuskan peluangnya sebagai pembalap permanen untuk musim 2018,” tulis pihak MotoGP melalui situs resminya (5/2/2018).

“Saya sangat gembira dan merasa terhormat mendapat peluang memiliki Hafizh Syahrin bersama kami untuk tes di Buriram,” ungkap pimpinan tim Yamaha Tech3, Herve Poncharal.

“Seperti diketahui, sejak Jonas Folger memutuskan bahwa dia tidak dapat balapan di tahun 2018, kami telah mencari pembalap yang tepat untuk menggantikan. Seiring tes Sepang, kami melakukan banyak pertemuan dan telah memutuskan bahwa Hafizh Syahrin akan menjadi pilihan yang sangat baik untuk tim Monster Yamaha Tech3.

“Saat ini, hanya tiga hari, namun saya sangat yakin bahwa Hafizh akan menunjukan pada kami apa yang dapat dilakukannya. Dia masih muda, baru 23 tahun, telah merebut beberapa podium di kelas Moto2, yang tidak mudah. Dia berakhir di dalam posisi 10 besar pada peringkat akhir Moto2 2017, yang merupakan prestasi luar biasa, karena saya mengetahui sulitnya kategori tersebut.

“Seperti selalu saya katakan, memiliki pembalap muda jauh lebih berarti bagi tim dibandingkan memiliki pembalap yang telah mapan. Mari lakukan tes, saya telah bergairah dan optimis dan segera setelah Buriram kami akan mengambil keputusan final. Juga saya ingin berterima kasih kepada Razlan Razali dari Sepang International Circuit, yang merupakan manajer tim Hafizh Syahrin,” tutur Poncharal.

Tidak hanya pimpinan tim, sang pembalap pun menyambut peluang ini dengan penuh semangat. “Saya akan melakukan yang terbaik selama tes tiga hari di Thailand. Untuk saya, ini impian yang menjadi kenyataan untuk dapat mengendarai mesin MotoGP. Saya harus akui saya terlalu bersemangat untuk mendapatkan peluang ini,” kata Syahrin.

Tes resmi MotoGP Buriram Thailand 2018 akan berlangsung selama tiga hari, mulai hari Jumat 16 Februari 2018 hingga Minggu 18 Februari 2018. Setiap harinya pembalap akan diberi waktu selama 8 jam untuk melakukan uji coba, mulai pukul 10:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here