Brasil U20 vs Indonesia U19 : Skor 1-0 Gambaran Tangguhnya Tim Garuda Muda

Brasil U20 vs Indonesia U19 Turnamen Toulon

NontonBolaJo.com – Tim nasional (Timnas) Indonesia U19 harus mengakui kemenangan Brasil U20 dalam pertandingan perdana babak penyisihan grup C di Turnamen Toulon 2017 yang berlangsung pada Kamis dini hari (1/6/2017) di Stadium d’Honneur Marcel Roustan di Salon de Provence, selatan Prancis. Gol tunggal Gabriel Novaes di menit ke-38 ini membawa tim Samba meraih 3 poin penuh.

Kemenangan tersebut menandai kesuksesan Brasil dalam aksi perdananya setelah absen dari turnamen ini pada 2 tahun terakhir. Namun, hasil skor 1-0 pun menggambarkan tangguhnya lini pertahanan Garuda Muda hingga sulit didobrak. Bahkan berdasarkan catatan statistik, skuad asuhan Indra Sjafri lebih banyak menguasai bola (52%) dibandingkan The Selecao.

Di babak pertama, timnas Indonesia terlihat agak kesulitan untuk menembus lini tengah. Sedangkan Brasil langsung menekan sejak awal dan menciptakan beberapa peluang emas. Namun permainan disiplin dari lini pertahanan timnas mampu mematahkan serangan bertubi-tubi dari Brasil. Bahkan salah satu media asing menggambarkan kiper Muhammad Riyandi sebagai ‘figur keras kepala di gawang Indonesia’.

Gol tunggal Brasil akhirnya tercipta setelah Riyandi kurang sempurna menghalau bola yang ditembakkan Emerson ke arah gawang. Bola muntahan tersebut langsung disambut Gabriel Novaes dan disematkan ke gawang. Hasil skor 1-0 untuk keunggulan tim Samba bertahan hingga akhir babak pertama.

Setidaknya ada 2 peluang emas tercipta di babak kedua. Salah satunya ketika di menit ke-51 Witan Sulaeman berhasil menerobos dua pemain Brasil dan melaju ke depan. Namun sontekan bolanya membentur tiang kanan atas gawang Brasil. Peluang kedua tercipta di menit ke-78. Sayangnya, Egy Maulana Vikri gagal mengeksekusi dengan baik setelah tendangan bola lewat kaki kirinya berhasil ditangkap olh kiper Brasil.

Kerja keras skuad Garuda Muda pun menjadi sorotan tersendiri. Laporan yang dilansir via situs resmi Turnamen Toulon menggambarkan bahwa timnas telah mengupayakan berbagai hal dengan sangat banyak kombinasi permainan dan operan, namun belum berhasil mencetak gol. “Di luar penguasaan bola yang bagus, Indonesia bergumul untuk menciptakan peluang sebenarnya,” demikian dikutip via situs resmi turnamen tersebut.

Sebaliknya, tim Brasil dinilai tidak terlalu membahayakan lawan tandingnya, meskipun bermain dengan cukup efisien. “Penyerang Brasil menembakkan bola beberapa kali, tidak tertarget atau ke arah kiper,” jelasnya.

Bagaimanapun, kemenangan 3 poin membawa Brasil ke posisi kedua di klasemen sementara grup C, satu tingkat lebih rendah dibandingkan Republik Ceko yang berhasil menaklukkan Skotlandia dengan skor 3-2. Sedangkan Timnas Indonesia masih berada di urutan terbawah dengan gagal mencetak gol di game pertamanya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U19 siap menghadapi Republik Ceko U19 di Stade Parsemain, Fos-sur-Mer, pada hari Sabtu, 3 Juni 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here