Borneo vs Madura United : Pertarungan Dua Mesin Gol, Lerby vs Odemwingie

Tim Madura United

NontonBolaJo.com – Pekan ke-12 turnamen Gojek Traveloka Liga 1 akan mempertemukan antara peraih posisi ke-14 di klasemen sementara, Borneo FC, dengan peraih posisi runner up, Madura United. Pertemuan antara Pesut Etam vs Laskar Sape Kerrab berlangsung hari Selasa (4/7/2017), di Stadion Segiri, Samarinda.

Borneo FC

Borneo FC menyambut pekan ke-12 Liga 1 Indonesia dalam kondisi terluka setelah gagal menaklukkan sang pemuncak klasemen, PSM Makassar, di pekan sebelumnya. Skuad asuhan Dragan Djukanovic harus menerima kekalahan setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada PSM di menit ke-65 yang dieksekusi dengan sempurna oleh Reinaldo da Costa.

Namun Djukanovic pun tidak menyangkal bahwa kekalahan tim-nya di laga terakhir disebabkan oleh beberapa kesalahan mendasar yang kerap dilakukan tim-nya, diantaranya kurang penguasaan bola dan salah dalam melakukan operan. Akibat gagal meraup poin di laga terakhir, Borneo belum berhasil beranjak dari papan bawah klasemen dan masih terjebak di posisi 14 dengan total 14 poin, jumlah poin yang setara dengan Sriwijaya (ke-13) dan Semen Padang (ke-15).

Selain kekalahan di laga terakhir, pengaturan jadwal Liga 1 2017 yang membuat Pesut Etam hanya mendapatkan kesempatan 4 kali bermain kandang diantara 11 pekan perdana juga diyakini membuatnya kesulitan meraih poin. “Makanya kami masih berada di bawah dari tim lain. Padahal ada beberapa tim yang kehilangan poin di kandangnya, tapi masih di atas posisinya,” jelas kapten tim Borneo, Ponaryo Astaman.

Tak dapat dipungkiri, Borneo memang terlihat kuat dalam laga kandang dengan membukukan 4 kemenangan sempurna dalam 4 peluang bermain kandang. Sedangkan hasil terbaik yang dibukukannya dalam 7 laga tandang adalah saat bermain imbang bersama PS TNI (2-2) dan Persib (2-2). Sisa 5 laga tandang lainnya berakhir dengan kekalahan.

Kini di pekan ke-12, Borneo mendapat kesempatan bermain kandang dengan menjamu Madura United. Meskipun Pesut Etam sangat membutuhkan poin untuk dapat meningkatkan posisinya di klasemen, namun dapat dipastikan tidaklah mudah menaklukkan MU yang tengah dalam bentuk terbaiknya.

Madura United

Hanya 1 kali kalah dalam 11 pekan perdana Liga 1 (6 menang, 4 seri) sukses membawa Laskar Sape Kerrab menempati posisi kedua di klasemen dengan total perolehan 22 poin. Bahkan hattrick 3 kemenangan beruntun ditorehkan MU, termasuk kemenangan telak dengan 6 gol tanpa balas atas Semen Padang di laga terakhir sebelum menghadapi libur Lebaran 2017.

Namun Madura United baru berhasil membukukan 1 kemenangan diantara 4 laga tandang yang dihadapinya. Kekalahan tunggal yang ditorehkannya dalam 11 pekan perdana Liga 1 pun diperoleh dalam laga tandang saat mengunjungi Persela (0-2), menyisakan 2 laga tandang lainnya berakhir imbang.

Meskipun demikian ketatnya persaingan di papan atas klasemen membuat MU harus waspada dan wajib memastikan kemenangan di setiap laga. Peluang untuk mencuri posisi puncak dari PSM Makassar terbuka lebar mengingat Madura United hanya butuh 1 poin lagi untuk menyamai perolehan Juku Eja. Namun sebaliknya, MU harus berhati-hati dengan Bhayangkara yang terus mengejar dari posisi ke-3 dengan memperoleh total 21 poin alias hanya 1 poin lebih rendah.

Strategi Borneo FC vs Madura United

Untuk itu, menganalisa kekuatan lawan menjadi cara yang ampuh untuk menyusun strategi terbaik bagi kedua tim. Bagi asisten pelatih Borneo, Ahmad Amiruddin, untuk mengatasi kekuatan Laskar Sape Kerrab maka tim-nya harus mampu meredam pergerakan trio penyerang MU, yakni sang top skorer, Peter Odemwingie, yang berhasil mencetak 9 gol dari 10 penampilannya, serta Greg Nwokolo dan top assist sementara Liga 1, Slamet Nurcahyo, yang telah menciptakan 7 umpan berbuah gol.

“Mereka punya Greg (Nwokolo) dan (Peter) Odemwingie, belum lagi pemain tengah seperti Slamet (Nur Cahyo). Tapi kami pastikan, bahwa tentu punya cara untuk meredam mereka. Mereka ingin menang, kami pun sama. Kemenangan amat penting untuk mendongkrak posisi kami di klasemen,” tutur Ahmad Amiruddin seperti dilansir via situs Borneo (3/7/2017).

Sebaliknya, selain menerapkan strategi menyerang, pelatih MU, Gomes de Oliviera, memperingatkan skuadnya untuk memperhatikan pergerakan striker andalan Borneo, Lerby Eliandry. Bahkan pelatih asal Brasil tersebut meminta agar tim-nya dapat menghentikan aliran bola ke arah Lerby sehingga menutup peluang untuk mencetak gol.

Peringatan tersebut wajar mengingat Lerby adalah saingan Odemwingie dalam rekor top skorer di Liga 1 musim ini dengan kesuksesannya 7 kali menyematkan bola ke gawang lawan diantara 11 penampilannya di 11 pekan perdana Liga 1.

Head to head Borneo FC vs Madura United

Dua kemenangan ditorehkan Borneo FC dalam 4 pertemuan head to head bersama Madura United. Namun dalam 2 pertemuan terakhir, Pesut Etam gagal meraih kemenangan. Bahkan selain 1 hasil imbang, MU berhasil menang lewat adu penalti (5-4) ketika bertemu di turnamen Piala Presiden bulan Februari silam.

Prediksi Borneo FC vs Madura United

Berdasarkan catatan statistik dari masing-masing tim, Madura United terlihat lebih unggul dibandingkan Borneo FC. Namun perlu diingat bahwa Borneo berhasil tampil gemilang dalam 4 laga kandang secara beruntun, sedangkan MU baru 1 kali berhasil menang diantara 4 laga tandang yang dihadapinya di Liga 1.

Prediksi skor Borneo FC vs Madura United : 1-2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here