Biaya Neymar Pindah Ke PSG Siap Pecahkan Rekor Dunia, Kata Mourinho ‘Tidak Mahal’

Neymar

NontonBolaJo.com – Neymar telah menyatakan niatnya untuk meninggalkan Barcelona. Kabar terhangat selanjutnya adalah total biaya yang harus dikeluarkan Paris Saint-Germain untuk seorang bintang sepak bola sekelas Neymar.

Menurut laporan The Guardian (2/8/2017), striker asal Brasil tersebut akan segera menuntaskan kepindahannya ke PSG dengan nilai total, yang akan memecahkan rekor dunia, yakni 450 juta poundsterling (sekitar Rp 7,9 triliun) terdiri atas biaya transfer senilai 198 juta poundsterling (Rp 3,5 triliun-an) dan gaji. Setelah menyatakan niatnya pada pihak Barca, Neymar terbang ke Porto pada hari Rabu (2/8/2017) untuk menjalani tes medis dan diperkirakan akan tampil di Paris pekan ini juga.

Pihak PSG, melalui akun Twitter miliknya, telah mengkonfirmasi bahwa Neymar dijadwalkan akan menggelar konferensi pers perdana bersama PSG pada hari Jumat sore waktu setempat di Parc des Princes.

“Konferensi pers pertama tentang Neymar diharapkan digelar hari Jumat siang di Parc des Princes,” tulis PSG (3/8/2017).

Dengan menandatangani kontrak 5 tahun bersama PSG, maka salah satu anggota trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar) tersebut disinyalir akan memperoleh gaji sekitar 520 ribu poundsterling (Rp 9,1 miliar-an) seminggu setelah pajak, dua kali lipat dibandingkan gaji pemain sepak bola pada umumnya. Sedangkan ayah Neymar dan pihak lainnya termasuk agen Pini Zahavi yang memfasilitasi kepindahan ini akan mendapatkan bayaran sebesar 38 juta euro (Rp 600 miliar-an).

Kepindahan Neymar dengan nilai biaya transfer mencengangkan tersebut juga menjadi sorotan di kalangan pelatih sepak bola. Menurut pelatih Manchester United, Jose Mourinho, biaya transfer Neymar tersebut tidak mahal. Hal ini mengingat kualitas pemainnya. Namun tentunya hal tersebut memiliki konsekuensi tersendiri.

“Ketika kami merekrut Paul Pogba, saya katakan dia tidak mahal. Malah adalah seseorang yang didapat dengan level (biaya) tertentu tanpa kualitas tertentu. Saya tidak berpikir 200 juta poundsterling untuk Neymar itu mahal.

Mahal adalah fakta bahwa kini akan lebih banyak pemain pada (nilai) 100 juta poundsterling, lebih banyak pemain pada 50 juta poundsterling, lebih banyak pemain pada 60 juta poundsterling, itulah masalahnya. Neymar adalah salah seorang pemain terbaik di dunia, jadi secara komersial itu sangat kuat, namun masalahnya bukan Neymar – masalahnya adalah konsekuensinya,” tutur Mourinho.

Berbeda dengan Mourinho, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, lebih menyoroti aturan Financial Fair Play yang tidak menghentikan ‘kehebohan’ angka transfer seorang Neymar. “Saya pikir FFP telah dibuat jadi situasi seperti ini dapat terjadi. Namun ini terlihat seperti sebuah anjuran dibandingkan sebuah aturan. Saya tidak mengerti bagaimana ini terjadi. Hanya ada dua klub yang dapat membayar biaya transfer seperti itu – Manchester City dan PSG, dan semua tahu itu. Namun saya harapkan perjanjian ini adalah sebuah pengecualian, bukan langkah selanjutnya untuk sepak bola. Saya tidak tahu,” kata Klopp.

Kepergian Neymar dari Barcelona sedikit banyak ‘mengganggu’ Klopp. Pasalnya, klub raksasa asal Spanyol tersebut kini tengah mencari target pemain yang akan menggantikan Neymar. Salah satunya adalah pemain The Reds, Philippe Coutinho, yang disebut-sebut telah ditawar dengan nilai 70 juta poundsterling. Namun Klopp mengingatkan agar Barca mengurungkan niat dan menyimpan energi mereka.

“Saya dapat mengerti mengapa mereka menghargai dia (Coutinho) sangat tinggi, namun mereka seharusnya menyimpan saja tenaga mereka,” tegas Klopp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here