Berlinang Air Mata, Francesco Totti Akhiri Karir Di Roma

Francesco Totti

NontonBolaJo.com – Pesepakbola legenda AS Roma, Francesco Totti, mengakhiri karirnya lewat penampilan terakhir di hari Minggu (28/5/2017) dengan kemenangan Roma atas Genoa (skor 3-2). Totti pun mengakui sempat merasa ‘cemas’ dengan apa yang akan dialaminya.

“Terima kasih Roma, terima kasih kepada ibu dan ayah saya, saudara laki-laki saya, keluarga dan sahabat. Terima kasih kepada istri dan ketiga anak saya. Saya ingin mengawali dari yang terakhir – dari ucapan perpisahan – karena saya tidak tahu apakah saya mampu membacakan baris-baris ini,” tutur Totti pada para fans-nya dalam pidato pasca pertandingan, seperti dilansir via Daily Mail (29/5/2017).

Pada penampilan terakhirnya, kapten Roma tersebut hadir sebagai pemain pengganti di menit ke-54 saat Giallorossi menghadapi Genoa di Stadio Olimpico. Bergabung di AS Roma sejak usia 16 tahun (tahun 1993), Totti telah memimpin tim-nya meraih sebuah gelar juara Serie A, dua trofi Coppa Italia, dan dua gelar juara Italian Super Cups. Dalam karirnya bersama Roma, pesepakbola berusia 40 tahun tersebut telah berlaga dalam 786 pertandingan dan 307 kali mencetak gol.

“Mustahil untuk menjelaskan 28 tahun dalam beberapa kalimat. Saya suka melakukannya lewat lagu atau puisi, namun saya tidak bagus untuk itu. Saya mencoba mengekspresikan diri saya melalui kaki saya, karena segalanya nampak lebih mudah dengan cara itu.

“Berbicara mengenai masa kecil saya, tahukah anda mainan favorit saya ketika masih muda? Sepak bola! Dan tetap seperti itu. Namun pada titik tertentu saya harus bertumbuh. Itulah apa yang mereka katakan kepada saya, bahwa waktu telah membuat keputusannya,” tegasnya.

Selebrasi perpisahan Totti digelar pasca kemenangan penuh drama yang diraih Roma atas Genoa. Kemenangan ini pun mengukuhkan posisi Roma sebagai runner up Liga Italia Serie A musim ini.

Genoa sempat unggul lebih dulu di menit ke-3 lewat gol Pietro Pellegri sebelum Giallorossi menyeimbangkan di menit ke-10 lewat gol Edin Dzeko. Selanjutnya di menit ke-74 Daniele De Rossi berhasil membalikkan keadaan hingga Roma unggul dengan skor 2-1.

Namun lima menit kemudian giliran Darko Lazovic yang menyumbangkan gol penyeimbang untuk Il Grifone. Kemenangan Roma baru dapat dipastikan lewat gol yang dicetak Diego Perotti di menit ke-90, sehingga menjadi penutupan yang manis bagi fans Roma dan perpisahan yang indah bagi Totti.

“Bersama dukungan anda, saya akan sukses membalik halaman baru dan melemparkan diri saya ke petualangan yang baru. Kini saatnya bagi saya untuk berterima kasih kepada seluruh rekan-rekan satu tim, pelatih, direktur, presiden, dan semua orang yang telah bekerja bersama saya selama ini. Untuk fans dan Curva Sud, cahaya penuntun untuk semua Romans dan Romanisti.

“Terlahir sebagai Romans dan Romanisti adalah sebuah hak istimewa. Menjadi kapten dari tim ini adalah sebuah kehormatan. Anda – dan selalu akan- adalah hidup saya. Saya tidak lagi dapat menghibur anda dengan kaki, namun hati saya selalu berada di sana bersamamu. Kini saya akan menuruni tangga dan masuk ruang ganti yang menyambut saya sebagai seorang anak dan kini saya meninggalkan sebagai seorang laki-laki. Saya bangga dan gembira memberikan anda 28 tahun penuh cinta. Saya mencintaimu,” pungkas Totti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here