Beda Target Timnas U-22 Indonesia Di SEA Games 2017, Emas Atau Perak ?

Latihan Timnas U-22 Indonesia

NontonBolaJo.com – SEA Games 2017 cabang sepak bola akan berlangsung mulai tanggal 14 Agustus hingga 29 Agustus 2017. Sebanyak lima stadion di Malaysia telah dipersiapkan untuk menyambut 11 Timnas dalam Pesta Olah Raga Asia Tenggara tersebut.

Meskipun langkah Timnas U-22 Indonesia di Piala Asia U-23 2018 terhenti pasca bermain imbang bersama Thailand di pertandingan terakhir Grup H, namun Tim Merah Putih telah tampil gemilang, khususnya saat menaklukkan Mongolia lewat 7 gol tanpa balas.

Saat skuad Garuda kembali ke Tanah Air pada hari Senin (24/7/2017) pelatih Luis Milla menuturkan impiannya dalam turnamen SEA Games 2017.

“Kami punya mimpi untuk berprestasi di SEA Games dan kami punya harapan dimana tim ini masih bisa terus berkembang,” tutur Milla.

Menurut pelatih asal Spanyol tersebut, tiga pertandingan yang dihadapi skuad asuhannya di Bangkok, Thailand, dapat menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran jelang berlaga di SEA Games.

“Dari tiga pertandingan bisa kita lihat kekurangan dan kelebihan tim ini. Ada kelebihan yang harus diapresiasi yakni talenta dan sikap pekerja keras dari masing-masing pemain,” ujarnya.

Keikutsertaan Timnas U-22 Indonesia di ajang SEA Games juga menjadi perhatian Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Namun ternyata, kedua pihak memberikan target berbeda terhadap Evan Dimas dkk.

Saat rapat kordinasi bersama Kemenpora, hari Rabu (26/7/2017), Ketua Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas) Achmad Sutjipto menyampaikan pada PSSI bahwa targetnya adalah agar Timnas U-22 dapat memboyong medali perak. Namun, PSSI tetap mempertahankan target emas untuk skuad asuhan Milla.

“Perbedaan target ini, bukan masalah setuju atau tidak setuju. Tapi, Satlak Prima memang punya indikatornya sendiri,” jelas Sesmenpora Gatot Dewa Broto, seperti dilansir dari Republika (26/7/2017).

Menurut Gatot, patokan yang digunakan oleh Kemenpora dan Satlak Prima adalah catatan hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2016, ketika tim Garuda berhasil menjadi runner up, satu tingkat di bawah Thailand yang berhasil menjadi juara umum.

Timnas Indonesia sebenarnya telah dua kali berhasil merebut gelar juara SEA Games di cabang sepak bola, yakni di tahun 1987 dan 1991. Selain itu, empat medali perak dan tiga perunggu juga pernah dicicipi skuad Garuda di ajang pesta olah raga dua tahunan, SEA Games.

Di SEA Games 2017, Indonesia berada di Grup B bersama lima timnas lainnya, yakni Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Sedangkan Grup A terdiri atas Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, dan Brunei.

Nantinya hanya ada 4 timnas yang dapat lolos ke babak semi final. Juara Grup A akan berhadapan dengan runner up Grup B. Sebaliknya, juara Grup B akan menghadapi runner up Grup A untuk memperebutkan dua posisi di babak final SEA Games 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here