Barcelona vs Chapecoense, Laga Emosional Di Perebutan Joan Gamper Trophy

NontonBolaJo.com – Barcelona akan menjamu Chapecoense dalam pertandingan persahabatan Joan Gamper Trophy pada Selasa dini hari (8/8/2017) mulai kick-off pukul 01:30 WIB di Camp Nou. Pertandingan ini di prediksi cukup menguras emosi mengingat ini menjadi laga penghormatan bagi 71 korban tewas akibat kecelakaan pesawat tahun lalu yang juga menghancurkan klub asal Brasil tersebut.

Kiper Chapecoense, Artur Moraes, dan rekan-rekannya akan menghadapi Barca bersama salah satu korban selamat dalam kecelakaan tersebut, Alan Ruschel. “Ini adalah sebuah game untuk menghormati para korban dan segala sesuatu yang terjadi atas Chapecoense tahun lalu.

“Dan yang terpenting adalah kembalinya Alan, yang akan menjadi momen sangat spesial karena kami mengikuti sejak awal upayanya untuk kembali bermain bola. Jadi kami datang dengan perasaan sukacita untuk menikmati dan membuat hari ini menjadi spesial bagi semua yang terlibat dalam game,” tutur Arturo.

Pemain bek tersebut merupakan salah satu diantara tiga pemain Chapecoense yang selamat dari kecelakaan pesawat yang mengangkut skuad asal Brasil tersebut, komisi teknis, serta sejumlah jurnalis menuju Medellin, Kolombia, pada bulan November untuk menghadapi laga final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional.

Namun diantara tiga pemain yang selamat, yakni Ruschel, Neto, dan Jackson Follman, pemain bek berusia 27 tahun tersebut merupakan satu-satunya yang dapat kembali beraksi di dunia sepak bola.

Sering Dilihat:  Jadwal dan Link Live Streaming Tottenham vs Manchester City 30 Oktober 2018
Allan Ruschel
Allan Ruschel, pemain bek Chapecoense

“Mustahil untuk melupakan orang-orang yang telah tiada. Setiap kali masuk ke lapangan ada memori tentang ini dan juga menjadi tanggung jawab untuk mengambil bagian membangun kembali sebuah klub dan sebuah kota. Dan setiap kali kami melangkah dan mengenakan seragam, kami harus mengingat bahwa ini lebih dari sebuah klub, ada perasaan yang tertinggal,” ujar kiper berusia 36 tahun tersebut.

“Bagi kami, karena kami setiap hari bersamanya dan melihat segala yang dikerjakannya untuk kembali. Ini hari yang spesial bagi dirinya dan bagi kami, sebagai rekannya, kami akan gembira melihat seseorang yang merayakan kehidupan setiap haru dan besok akan kembali bermain sepak bola dalam sebuah laga resmi,” Arturo menambahkan.

Setelah sempat terpuruk, Chapecoense berhasil bangkit di tahun 2017. Para pemain asal Brasil tersebut berhasil memenangkan kejuaraan Santa Catarina di bulan Mei setelah menaklukkan Avai dalam babak play-off sistem dua leg untuk mempertahankan gelar yang telah diraihnya di tahun 2016. Selanjutnya, Chapecoense juga telah mengawali debut di Copa Libertadores, mengakhiri di posisi ketiga di tahap grup setelah dikurangi poinnya akibat menurunkan pemain yang tidak memenuhi syarat.

Sementara itu, meskipun menghadapi pertandingan yang bersifat persahabatan, namun para pemain Barca telah mulai berlatih untuk menghadapi Chapecoense. Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Andres Iniesta, Ivan Rakitic, dan Sergio Busquets semuanya turut serta dalam latihan bersama rekan-rekan lainnya setelah tidak terlibat dalam laga persahabatan melawan Gimnastic Tarragona yang berakhir imbang.

Sering Dilihat:  Kabar Gembira Barcelona: Lima Hari Jelang El Clasico, Rafinha Diklaim Siap Tanding!

Kiper Barca B, Ortola dan Carles Alena juga terlihat dalam sesi latihan. Namun Thomas Vermaelen dan Andre Gomes tidak menghadiri latihan setelah mengalami cedera saat melawan Nastic. Vermaelen mengalami benturan di kaki kiri dan digantikan oleh Marlon Santos sekitar menit ke-15, sedangkan Gomes mengalami benturan di panggul kirinya.

Selain menjadi momen yang spesial bagi Alan Ruschel, striker Chapecoense, Wellington Paulista, juga menyambut laga ini dengan penuh semangat untuk melawan klub sekelas Barca.

“Bagi kami, akan menjadi laga yang sangat menarik, tidak hanya karena Allan bermain, namun juga untuk bermain melawan Barcelona, yang merupakan sesuatu yang tidak perlu dikomentari. Kami datang ke sini untuk menikmati pertandingan dan merayakan bersama mereka,” tegasnya.

Joan Gamper Trophy merupakan kompetisi persahabatan tahunan yang diselenggarakan oleh Barca di Camp Nou. Nama tersebut dipilih untuk menghormati Joan Gamper, pendiri anggota, pemain, dan presiden klub. Kompetisi ini juga diselenggarakan sebagai penanda datangnya musim La Liga Spanyol yang baru bagi Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.