Barcelona Juara Copa Del Rey 2016/2017, Enrique Akhiri Karir Tanpa Kesedihan

Luis Enrique

NontonBolaJo.com – Barcelona berhasil menjadi juara Copa Del Rey 2016/2017 setelah menaklukkan Deportivo Alaves di babak final pada Minggu dini hari (28/5/2017) di Estadio Vicente Calderon, Madrid. Meskipun pertandingan tersebut menandai berakhirnya karir Luis Enrique sebagai pelatih Barca, namun sang pelatih mengaku tidak ada kesedihan.

Gol dari Lionel Messi, Neymar, dan Paco Alcacer telah menghantarkan Barca meraih hattrick gelar juara Piala Raja Spanyol secara beruntun dalam 3 musim terakhir. Sedangkan bagi Enrique, ini adalah trofi Copa del Rey ke-9 bersama The Catalan sejak menjabat sebagai pelatih Barca di tahun 2014.

“Tidak ada kesedihan, hanya kegembiraan total. Saya yang memutuskan bahwa mengakhiri sekarang adalah yang terbaik. Ini waktu terbaik untuk saya dan para pemain,” tutur Enrique, seperti dilansir via ESPN (28/5/2017).

“Sehubungan dengan intensitas yang anda dapatkan untuk menghidupi profesi ini, ada sangat banyak keausan, ini tidak memalukan (keluarnya saya), tapi sebaliknya. Dan jika seseorang mengatakan kepada saya bahwa saya dapat memenangkan 9 trofi dari 13, saya akan sangat senang.

“Saya menerima 100 persen dari tim dan telah memberikan 100 persen kepada mereka. Saya tidak berpikir siapapun dapat menjatuhkan saya dalam hal itu,” tegasnya.

Barcelona juara Copa Del Rey 2016/2017
Barcelona juara Copa Del Rey 2016/2017

Dalam pertandingan final Copa del Rey, Messi lagi-lagi menjadi bintang lapangan. Selain mencetak gol, La Pulga pun turut berperan lewat operan-operan cantiknya yang memicu terciptanya gol kedua dari Neymar dan ketiga dari Alcacer.

“Messi itu luar biasa. Dia ekstra-terrestrial, bagaimana dia menaklukkan pemain, bagaimana dia memimpin tim… saya mendapat peluang untuk menikmati dirinya pada puncak (karirnya), versi terbaik dari Messi — atau (setidaknya) salah satu yang terbaik.

“Dia nomor 1, tanpa diragukan, dan menjadi kenikmatan sejati untuk melatih dia. Dia seorang pemai yang mengambil perhatian lengkap untuk dirinya, namun dia tidak membutuhkan fisiknya untuk mengubah kecepatan, untuk menciptakan superioritas, dan dia akan berada di sekitar untuk sementara,” puji Enrique.

Selanjutnya, Barca berencana untuk mengumumkan nama pelatih baru pada hari Senin (29/5/2017). Enrique pun memberikan saran pada penerusnya untuk ‘menikmati’ pekerjaan di Camp Nou. Lalu, kemana Enrique akan berlabuh ?

“Saya tidak tahu apa yang saya akan lakukan selanjutnya. Saya terbuka untuk setiap peluang, bahkan berganti olah raga. Saya bisa melatih olah raga lainnya, saya cukup bagus di olah raga lain,” candanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here