Bandung Akan Punya Sirkuit Modern Untuk Balap Mobil Dan Motor

Rencana sirkuit balap motor dan mobil di Bandung

NontonBolaJo.com – Masih ingat komentar Marc Marquez mengenai Indonesia yang dipilihnya sebagai negara yang layak memiliki sirkuit MotoGP ? Entah ada kaitannya atau tidak, yang jelas Walikota Bandung, Ridwan Kamil, memamerkan rencana pembangunan sirkuit balap di Gedebage.

“Wahai anak muda Bandung, Kota kita tercinta akan punya sirkuit modern untuk balap mobil/motor di Gedebage di dekat exit KM 147. Juga museum otomotif,” tulis Ridwan Kamil mengiringi foto tampak atas dari sirkuit balap yang rencananya akan dibangun Pemerintah Kota Bandung.

Tidak banyak detail yang terungkap lewat pesan Ridwan Kamil melalui akun Instagram yang diunggah hari Kamis (6/7/2017). Yang jelas, dengan gaya canda yang khas, Pak Walikota menggambarkan bahwa sirkuit yang akan dinamakan ‘Bandung Lautan Api Circuit’ tersebut memiliki 16 tikungan.

“Sirkuit ini akan punya 16 tikungan, terinspirasi dengan jumlah kena tikungnya cinta Pa Wali sebanyak 16 kali di masa lalu. Kerjasama istimewa dengan @xtckotabandung,” ungkap Ridwan Kamil.

Kehadiran sirkuit sepanjang 2,36 kilometer tersebut pun diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat Indonesia, khususnya warga Bandung, terhadap olahraga otomotif. Sirkuit tersebut pun dapat menjadi sarana untuk mencegah terjadinya balapan liar di tengah kota. Sayangnya, belum diketahui kapan sirkuit tersebut akan mulai dibangun.

Seperti disinggung sebelumnya, pada bulan April 2017 silam jelang digelarnya MotoGP Argentina 2017, juara dunia MotoGP 2016 sempat menuturkan bahwa Indonesia adalah negara yang layak memiliki sirkuit MotoGP. Hal tersebut terungkap saat Marquez menjawab pertanyaan netizen dalam konferensi pers jelang pertandingan.

“Mungkin Ibiza? Tidak, Spanyol sudah punya banyak sirkuit MotoGP dan Ibiza tidak bagus untuk balapan Minggu. Mungkin Maladewa? Atau saya pikir di wilayah Indonesia. Saya pikir Indonesia pantas memiliki sirkuit MotoGP,” tutur Marquez.

Sayangnya, meskipun telah memiliki kesepakatan awal dengan Dorna untuk menjadi tuan rumah MotoGP, namun Indonesia belum memiliki sirkuit kelas A untuk menggelar balapan. Apakah sirkuit Bandung Lautan Api ini menjadi langkah awal untuk memboyong para pembalap MotoGP beraksi di Indonesia ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here