Babak Play-off Selesai, ‘Drawing’ Pembagian Grup Liga Champions Segera Mulai

NontonBolaJo.com – Babak play-off Liga Champions 2017/2018 telah selesai digelar. Sebanyak 32 klub telah lolos ke fase grup dan siap menantikan siapa yang akan menjadi lawannya melalui sesi ‘drawing’ (penarikan undi) Liga Champions yang digelar malam ini, Kamis (24/8/2017), di Monaco.

Liverpool, Copenhagen, Sporting Lisbon, APOEL Nicosia, dan Qarabag menjadi lima tim terakhir yang lolos ke fase grup Liga Champions pada Kamis dini hari (24/8/2017 – WIB). Kini ke-32 tim yang mewakili 17 negara tersebut akan diacak dan dikelompokkan dalam 8 grup.

Proses pengundian fase grup Liga Champions membagi ke-32 tim dalam 4 pot yang terpisah. Pot 1 diisi oleh juara-juara 7 liga teratas di Eropa ditambah juara bertahan Champions League musim lalu. Mengingat Real Madrid menjadi juara La Liga Spanyol sekaligus juara Liga Champions musim lalu, maka tim dari Ukraina, Shakhtar Donetsk ditempatkan di pot pertama bersama para juara lainnya.

Selanjutnya, tiga pot lainnya diisi berdasarkan sistem koefisien UEFA yang dikalkulasi menggunakan poin yang diperoleh dalam pertandingan Eropa dalam lima musim terakhir, namun hasil yang lebih terkini memiliki bobot lebih tinggi.

Sering Dilihat:  Hadapi Laga Real Madrid vs Tottenham, Strategi Mauricio Pochettino Bukan 'Parkir Bus'

Sebagai contoh, meskipun Feyenoord merupakan klub terkenal, namun secara ini adala penampilan pertamanya di fase grup Liga Champions sejak 15 tahun terakhir, maka hasilnya mereka berada di pot terakhir.

Pot 1: Real Madrid (Spanyol/juara CL), Bayern Munchen(Jerman), Juventus (Italia), Benfica (Portugal), Chelsea (Inggris), Shakhtar Donetsk (Ukraina), Monaco (Prancis), Spartak Moscow (Rusia)

Pot 2: Barcelona (Spanyol), Atletico Madrid (Spanyol), Paris Saint-Germain (FRA), Borussia Dortmund (Jerman), Sevilla (Spanyol), Manchester City (Inggris), Porto (Portugal), Manchester United (Inggris)

Pot 3: Anderlecht (Belgia), Basel (Swiss), Besiktas (Turki), Napoli (Italia), Olympiakos (Yunani), AS Roma (Italia), Tottenham Hotspur (Inggris), Liverpool (Inggris)

Pot 4: Celtic (Skotlandia), Maribor (Slovenia), Feyenoord (Belanda), RB Leipzig (Jerman), Sporting Lisbon (Portugal), APOEL (Cyprus), CSKA Moscow (Rusia), Qarabag (Azerbaijan)

Menurut peraturan UEFA, masing-masing tim tidak dapat bermain melawan tim dari negaranya sendiri. Sebagai contoh, andaikan Manchester United berada satu grup dengan Juventus, maka tidak mungkin Napoli, AS Roma, Chelsea, Liverpool, atau Tottenham Hotspur berada di grup yang sama.

Sering Dilihat:  Nonton Live Streaming Juventus vs Atalanta Di Sini, Peluang Jauhi Napoli!

Sesi penarikan undian ‘drawing’ Liga Champions dijadwalkan akan digelar mulai pukul 23:00 WIB. Setelah pembagian selesai, maka laga perdana tahap grup Liga Champions dijadwalkan berlangsung pada tanggal 12 dan 13 September 2017. Dua tim teratas dari masing-masing grup selanjutnya lolos ke babak 16 besar.

Hasil Undian ‘Drawing’ Grup Liga Champions 2017/2018 :

Grup A : Benfica, Manchester United, Basel, CSKA Moscow.

Grup B : Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, Anderlecht, Celtic.

Grup C : Chelsea, Atletico Madrid, AS Roma, Qarabag.

Grup D : Juventus, Barcelona, Olympiacos, Sporting Lisbon.

Grup E : Spartak Moscow, Sevilla, Liverpool, Maribor.

Grup F : Shakhtar Donetsk, Manchester City, Napoli, Feyenoord.

Grup G : AS Monaco, Porto, Besiktas, RB Leipzig.

Grup H : Real Madrid, Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, APOEL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.