Arsenal Rebut Gelar Juara FA Cup Ke-13 Kalinya, Bagaimana ‘Nasib’ Wenger ?

Arsenal juara FA Cup 2017

NontonBolaJo.com – Arsenal sukses merebut gelar juara FA Cup untuk ke-13 kalinya setelah berhasil menaklukkan Chelsea dengan skor 2-1. Kemenangan dalam pertandingan final FA Cup yang digelar di Wembley Stadium, London, pada hari Sabtu (27/5/2017) tersebut juga menandai kemenangan The Gunners untuk ketigakalinya dalam 4 musim terakhir.

“Kami memiliki performa luar biasa. Kami tahu bahwa tim ini telah menderita,” tutur Arsene Wenger.

Alexis Sanchez berhasil mencetak gol dini bagi Arsenal di menit ke-4 lewat pertarungan satu lawan satu bersama Thibaut Courtois. Namun seperti di final tahun 2014, Aaron Ramsey kembali menjadi penentu kemenangan Arsenal lewat gol-nya di menit ke-79.

Juara Premier League 2016/2017 ini harus menghadapi Arsenal bersama 10 pemain setelah Victor Moses diganjar kartu merah (kartu kuning kedua) setelah melakukan diving di menit ke-68. Namun sebenarnya, di menit ke-76 The Blues berhasil menyamakan kedudukan melalui Diego Costa, sebelum akhirnya harus menerima kemenangan Arsenal lewat gol Ramsey yang tercetak tiga menit kemudian.

Rekor 13 kali merebut gelar juara FA Cup di prediksi akan membantu Wenger dalam mengamankan karirnya sebagai pelatih Arsenal. Hingga saat ini, pelatih asal Prancis berusia 67 tahun tersebut belum juga mengumumkan tentang kontrak baru untuk musim depan.

Arsene Wenger
Arsene Wenger

“Hari Selasa akan ada rapat direksi. Rabu atau Kamis akan lebih jelas,” tutur Wenger sebelum mengambil trofi kemenangannya.

Khusus di kompetisi FA Cup, Wenger merupakan manajer yang paling sukses dengan keberhasilannya meraih 7 gelar dalam masa karirnya selama 21 tahun. Namun catatan rekor tersebut tercoreng dengan kegagalan Arsenal merebut posisi Top 4 di Premier League. Mengakhiri musim di urutan ke-5 merupakan hasil terburuk bagi Wenger sejak menjadi manajer Arsenal di tahun 1996.

Selain itu, Wenger pun gagal membawa Sanchez dkk melaju di Liga Champions musim ini setelah kalah telak dari Bayern Munchen di putaran 16 besar dengan skor 2-10 (agregat). The Gunners telah tereliminasi dari Liga Champions di babak 16 besar dalam 7 musim secara beruntun. Bahkan musim depan, The Gunners ‘hanya’ mendapat peluang untuk beraksi di Liga Europa.

Namun jelang berakhirnya musim ini, Wenger seolah mendapat inspirasi baru dan sukses membawa tim-nya meraih 6 kemenangan beruntun di bulan Mei 2017. Hal ini terjadi setelah sang pelatih mengadopsi formasi yang diterapkan Conte pada Chelsea, yakni dengan 3 pemain di lini pertahanan.

Kemenangan di FA Cup 2017 ini pun membuat Arsenal tercatat sebagai klub yang paling sering menjadi juara di kompetisi tersebut (13 kali). Sementara Manchester United (12 trofi) dan Tottenham Hotspur (8 trofi) menempati urutan kedua dan ketiga dalam daftar klub yang paling sering menang di FA Cup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here