Andres Iniesta Tinggalkan Barcelona Di Akhir Musim, Ini Kata Messi!

Andres Iniesta Pemain Gelandang Barcelona
(Image: Bein Sports)

Andres Iniesta mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Barcelona di akhir musim ini.

Pemain gelandang asal Spanyol berusia 33 tahun tersebut secara resmi mengungkapkan niatnya untuk meninggalkan Barcelona, klub yang telah menaunginya sejak berusia 12 tahun, lewat sebuah acara jumpa media pada hari Jumat 27 April 2018 di Ciutat Esportiva.

“Jumpa pers ini untuk mempublikasikan keputusan sya bahwa musim ini akan menjadi yang terakhir kali saya berada di sini. Ini sebuah keputusan yang telah membutuhkan sangat banyak waktu dan pemikiran di tingkat pribadi dan bersama keluarga,” tutur Iniesta sambil menahan air mata, dikutip dari laman FC Barcelona.

“Tidak perlu bagi orang-orang untuk mengatakan mereka ingin saya tetap tinggal. Saya selalu membuatnya jelas pada klub saya ingin mengendalikan ‘tahapan’ dalam kehidupan dan menjadi sejujur mungkin dengan diri saya dan klub. Ini adalah alasan utama terhadap pengertian bahwa waktu saya di sini telah mencapai akhir.

“Saya tidak ingin menjadi anak-anak lagi. Segera, saya akan mencapai 34 tahun dan saya telah memberikan segalanya bertahun-tahun. Menjadi jujur dengan diri saya dan klub yang telah memberikan segalanya pada saya. Saya mengerti waktu saya di sini telah berakhir lewat fakta sederhana bahwa klub telah menyambut saya di usia 12 tahun layak mendapat yang terbaik dari saya,” ungkapnya.

Bersama Barcelona, Iniesta telah merebut 31 trofi lewat 669 penampilan selama 16 musim termasuk empat trofi Liga Champions dan delapan gelar juara La Liga, yang segera akan menjadi yang kesembilan di musim ini.

“Ini hari yang sulit bagi saya di sini untuk mengucapkan selamat tinggal ketika saya menghabiskan seluruh kehidupan saya di sini. Siapa saya saat ini adalah bersumber dari Barca dan La Masia – saya sangat berterima kasih kepada mereka,” ucap pemain bernomor punggung 8 tersebut.

Meskipun belum memberitahukan klub mana yang menjadi tujuan selanjutnya, namun Iniesta memastikan bahwa, “Saya telah mengatakan bahwa saya tidak akan pernah bermain melawan Barca, jadi (klub) ini tidak akan berada di Eropa. Kami akan tahu di akhir musim, masih banyak hal yang harus dibicarakan.”

Pesan Messi Untuk Iniesta

Keputusan Iniesta untuk meninggalkan Barcelona menuai berbagai reaksi, termasuk dari salah satu mitra seperjuangannya, Lionel Messi.

Melalui akun Instagram miliknya, La Pulga mengucapkan terima kasih untuk kehadiran Iniesta di sisinya melewati berbagai momen yang tak terlupakan.

“Andres, terima kasih untuk seluruh tahun di sepakbola ini. Adalah hak istimewa untuk menikmati olahraga di sisi Anda dan menghabiskan sangat banyak momen tak terlupakan bersama-sama. Saya mengharapkan semua yang terbaik di tahap baru dalam olahraga dan kehidupanmu. Anda fenomenal, di dalam maupun di luar lapangan. Kami akan merindukanmu!!!” tulis Messi.

Pesan Messi Untuk Iniesta
Pesan Lionel Messi untuk Andres Iniesta (sumber: Instagram)

Bartomeu Yakin Ini Bukan Perpisahan

Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu, lebih memilih untuk menerima momen ini sebagai ‘jumpa lagi secepatnya’ dibandingkan sebagai momen perpisahan mengingat kontrak seumur hidup yang dimiliki Iniesta bersama Barcelona.

“Ini keputusan yang sah dan kami menghormatinya. Ini bukan perpisahan, ini sebuah ‘jumpa lagi segera’. Dia memiliki kontrak seumur hidup, dia satu-satunya pemain Barca yang memilikinya dan saya yakin bahwa ketika dia mengakhiri tahap profesional dia akan kembali,” tegas Bartomeu.

“Dia meninggalkan warisan sepak bola yang hebat dan sebagai sosok pemain dia dicintai di seluruh dunia. Pertama-tama kami harus memenangkan liga dan kemudian kami harus memberikan penghormatan untuknya dan memujinya. Andres Iniesta layak mendapat ucapan terima kasih tanpa batas dan akan berlanjut selama beberapa hari mendatang,” pungkasnya.

Iniesta dkk memiliki peluang emas untuk mengklaim gelar juara Liga Spanyol musim ini andaikan berhasil mendulang hasil positif dalam jadwal duel pekan ke-35 La Liga antara Deportivo La Coruna vs Barcelona yang digelar pada Senin (30/4/2018) dini hari WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here